Show simple item record

dc.contributor.authorVaega Rohidzafi
dc.date.accessioned2014-01-27T05:41:46Z
dc.date.available2014-01-27T05:41:46Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM060210402317
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25309
dc.description.abstractWacana iklan obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi ini, dikaji dengan menggunakan analisis wacana dan dimaksudkan untuk menganalisis lebih dalam struktir kewacanaan wacana iklan, strategi pencapaian koherensi iklan, dan teknik persuasi iklan. Berdasarkan pernyataan di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini (1) bagaimanakah struktur kewacanaan wacana iklan obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi, (2) bagaimanakah strategi pencapaian koherensi wacana iklan obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi, (3) bagaimanakah teknik persuasi yang digunakan dalam wacana iklan obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang (1) bagaimanakah struktur kewacanaan wacana iklan obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi, (2) bagaimanakah strategi pencapaian koherensi wacana iklan obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi, (3) teknik persuasi yang digunakan dalam wacana iklan obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa tuturan pada wacana iklan produk obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode simak atau penyimakan serta metode rekam dan catat. Penganalisisan data pada penenelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif Hasil penelitian wacana iklan produk obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi adalah: (1) struktur kewacanaan wacana iklan obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi terdiri atas delapan pola yaitu: (a) BU (MKP) + BI (PAS) + PI (TL), (b) BU (MKP) + BI (PAS) + PI (CLBP), (c) BU (MKP) + BI (PCOS) + PI (TL), (d) BU (MRIT) + BI (PCOS) + PI (TL), (e) BU (MRIT) + BI (PAS) + PI (TL), (f) BU (MRIT) + BI (PAS) + PI (CLBP), (g) BU (PMPL) + BI (PAS) + PI (CLBP), (h) BU (PMPL) + BI (PCOS) + PI (CLBP). (2) strategi pencapaian koherensi wacana iklan obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi dapat dibentuk oleh penanda kohesinya. Penanda kohesi yang digunakan meliputi: (a) penanda kohesi leksikal pengulangan bentuk utuh dan pengulangan bentuk hiponim, (b) penanda kohesi gramatikal yang meliputi bentuk anafora dan katafora. (3) teknik persuasi yang digunakan dalam wacana iklan obat-obatan di radio Sritanjung FM Banyuwangi meliputi: (1) teknik persuasi dengan menekankan efektivitas produk, (2) teknik persuasi dengan menekankan kemasan produk, (3) teknik persuasi dengan menekankan penampilan produk, (4) teknik persuasi dengan menjelaskan manufaktur atau pembuatan produk, (5) teknik persuasi dengan menekankan efektivitas dan identitas produk, (6) teknik persuasi dengan menekankan efektivitas produk dan cara mendapatkan produk Selanjutnya dari hasil penelitian ini dapat diberikan saran: (1) bagi guru Bahasa Indonesia, sebaiknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai pengayaan materi pembelajaran khususnya dalam pengajaran menulis iklan, (2) bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, sebaiknya hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menambah pengetahuan tentang struktur kewacanaan wacana iklan, strategi pencapaian koherensi wacana iklan, dan teknik persuasi wacana iklan, (3) bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dapat melakukan penelitian dalam kajian yang sama dengan mengkaji fungsi kewacanaan wacana iklan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210402317;
dc.subjectwacana iklan obat obatan, radioen_US
dc.titleWACANA IKLAN OBAT-OBATAN DI RADIO “SRITANJUNG FM” BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record