Show simple item record

dc.contributor.authorYULIANA, Triana Arik
dc.date.accessioned2014-01-27T05:39:14Z
dc.date.available2014-01-27T05:39:14Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nim000210101270
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25305
dc.description.abstractPembelajaran berbasis masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sehingga siswa dapat menemukan sendiri konsep-konsep dari materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masalah, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan ketuntasan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran berbasis masalah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan dengan subyek penelitian siswa kelas IC SMP Negeri 12 Jember tahun ajaran 2004/2005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas siswa dan dapat meningkatkan kemampuan akademik karena dengan pembelajaran berbasis masalah siswa dapat menemukan konsep yang harus diketahui berdasarkan penyelidikan yang dilakukannya sendiri. Ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88,89% dan secara perorangan siswa yang tuntas sebanyak 40 siswa dan 5 siswa tidak tuntas. Faktor ketidaktuntasan belajar dari 5 siswa adalah kurangnya penguasaan terhadap materi dan kurang teliti dalam mengerjakan. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, hasil belajar, keliling dan luas persegi panjang dan persegi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries000210101270;
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Persegi panjang dan Persegi Siswa Kelas I Semester Genap SMP NEGERI 12 JEMBER Tahun Ajaran 2004/2005en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record