dc.description.abstract | Industri pariwisata merupakan industri yang sangat kompleks. Ini dapat dilihat
dari adanya obyek wisata, toko sovenir, penginapan, pramuwisata, angkutan wisata,
rumah makan, biro perjalanan, dan lain – lain. Salah satu komponen yang penting dan
lengkap diantara semua jasa – jasa pariwisata adalah hotel, dimana para tamu baik
wisatawan asing maupun wisatawan domestik datang menginap selama sehari atau
bahkan lebih.
Hotel Kartika Wijaya merupakan salah satu hotel yang ada di Batu, hotel
Kartika Wijaya bergerak dalam bidang pelayanan jasa kepada para tamu, baik secara
fisik, psikologis, maupun keamanan selama tamu mempergunakan fasilitas atau
menikmati pelayanan di hotel. Alasan mengapa penulis memilih Kartika Wijaya
sebagai tempat Praktek Kerja Nyata yaitu, Hotel Kartika merupakan hotel kategori
bintang 3, pelayanannya ramah, hotel peninggalan warisan pada Zaman Belanda,
suasana hotel yang tenang dan berhawa sejuk. Selain itu karena Hotel Kartika Wijaya
letaknya strategis yakni berdekatan dengan tempat – tempat wisata yang ada di Batu.
Misalnya Songgoriti, Jatim Park, Air Terjun Coban Rondo, dan lain – lain.
Bagi wisatawan yang berkunjung ke hotel, mereka telah menganggap hotel sebagai
pengganti rumahnya sendiri. Karena disitulah mereka melakukan aktifitas seperti
makan, meeting, berlibur, dan lain – lain. Maka hotel dapat disebut a home away from
home. Untuk itu diperlukan pelayanan yang terbaik, terampil, dan berkualitas
termasuk juga pramusajinya. Sehingga tamu yang menginap merasa betah dan
berharap lebih lama lagi untuk menginap di hotel. Disini peranan seluruh departemen
sangat penting misalnya departemen housekeeping yang menyiapkan kamar yang
akan dijual beserta kelengkapan dari kamar tersebut. Selain itu food and beverage
departement juga penting karena selain menginap tentunya tamu yang datang | en_US |