Show simple item record

dc.contributor.authorISTIL ZAMAH
dc.date.accessioned2014-01-27T04:15:42Z
dc.date.available2014-01-27T04:15:42Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM050210301106
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25125
dc.description.abstractDalam meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. Keluarga merupakan pusat pendidikan yang pertama dan utama tetapi dapat menyebabkan kesulitan belajar bagi siswa. Keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Selain keterlibatan orang tua, hasil belajar siswa juga dapat dipengaruhi oleh minat siswa dalam mempelajari suatu bidang studi. Setiap siswa pada dasarnya ingin mencapai hasil belajar yang baik, namun hasil yang baik ini tidak begitu saja mereka dapatkan, tetapi perlu usaha keras dan perlu adanya daya pendorong dari dalam diri agar mencapai hasil yang baik. Banyak kasus penyebab kegagalan studi disebabkan karena kurangnya minat terhadap apa yang dilakukan. Menurut Purwanto (1994:67), keluarga adalah merupakan pusat atau tempat pendidikan yang pertama dan utama. Menurut Ahmadi (2004:85) siswa yang belajar akan menerima pengaruh dari keluarga/orang tua yaitu dari faktor orang tua, suasana rumah dan keadaan ekonomi keluarga. Hasil belajar juga dipengaruhi oleh minat belajar siswa. Menurut Slameto (1995:57) minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati seseorang, diperhatikan terus-menerus yang disertai dengan rasa senang, sehingga seseorang dikatakan berminat terhadap sesuatu apabila individu tersebut memiliki kesenangan dan perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel keterlibatan orang tua dan minat belajar secara simultan dan secara parsial terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Lumajang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan bersifat non eksperimental, sehingga dalam penelitian ini hanya ingin mengetahui apakah keterlibatan orang tua dan minat belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Lumajang tahun ajaran 2010/2011. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area. Metode penentuan responden menggunakan metode proporsional random sampling sejumlah 61 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dan minat belajar mempunyai pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan F hitung (33,144)>F (3,156) dengan tingkat α = 0,05> Sig F = 0,000 yang berarti bahwa variabel keterlibatan orang tua dan minat secara simultan mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 53,3 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (keterlibatan orang tua dan minat belajar) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (hasil belajar). Setelah dilakukan pengolahan data hasil penelitian diperoleh hasil perhitungan analisis regresi linier berganda yang menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlibatan orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Lumajang tahun ajaran 2010/2011. Perhitungan secara parsial menunjukkan ada pengaruh yang signifikan keterlibatan orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Lumajang tahun ajaran 2010/2011. Sedangkan variabel bebas yang berpengaruhen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301106;
dc.subjectKeluarga, Minat belajar dan Hasil belajaren_US
dc.titlePENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 LUMAJANG PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TAHUN AJARAN 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record