Show simple item record

dc.contributor.authorNILAM PALUPI BASTIT
dc.date.accessioned2014-01-27T04:11:41Z
dc.date.available2014-01-27T04:11:41Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM030910292039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25116
dc.description.abstractBerdirinya Bank Syariah di Indonesia memberikan alternatif kepada masyarakat di dalam memutuskan memilih produk-produk perbankan syariah. Sebagai strategi pemasaran diperlukan mempelajari faktor-faktor apa sajakah yang mendorong nasabah memilih produk bank tersebut. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong keputusan nasabah menabung pada produk Shar-E Bank Muamalat Cabang Jember. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Jember pada bulan Februari sampai April 2006. Penelitian ini mempergunakan tipe deskriptif dengan pengambilan sampel yang dilakukan secara purposive sampling yaitu nasabah Shar-E yang melakukan transaksi di Bank Muamalat cabang Jember. Untuk menganalisa data mempergunakan tabel frekuensi. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah faktor-faktor yang mendorong nasabah memilih Shar-E dengan persentase tertinggi dari faktor bauran pemasaran terdiri dari manfaat jasa; biaya jasa yang biasa saja; promosi berupa iklan; serta kemudahan mendapatkan produk. Dari faktor sosial ternyata didapat hasil bahwa keputusan menabung tidak terlalu didorong oleh kelompok referensi. Pada faktor psikologi diperoleh hasil bahwa nasabah menabung didorong oleh motivasi kemudahan menabung; kemudahan menarik uang tunai; bagi hasil. Dari segi keyakinan diperoleh hasil: keyakinan nasabah bahwa sistem bagi hasil Shar-E benar-benar berbeda dengan bunga bank konvensional;keyakinan Shar-E benarbenar halal; Shar-E menjadi pilihan yang menguntungkan. Faktor terakhir yang mendorong nasabah adalah faktor agama yaitu sistem bagi hasil Shar-E sudah sesuai dengan syariat Islam dan Shar-E menjadi pilihan yang menguntungkan bagi nasabah muslim maupun non muslim Kesimpulan yang diperoleh dari pembahasan dan data adalah faktorfaktor yang mendorong nasabah memilih produk Shar-E terdiri dari faktor rasional yaitu faktor bauran pemasaran yang terdiri dari kemudahan menabung; promosi; distribusi; harga. Faktor emosional yang terdiri dari keyakinan; psikologi; budaya. Faktor pribadi yang terdiri dari demografi, serta faktor spiritual yang terdiri dari sistem bagi hasil; keyakinan bahwa Shar-E dapat menjadi pilihan yang halal dan menguntungkan. Shar-E merupakan produk perbankan yang mampu memberikan kekuatan pada rasional market berupa fasilitas dan kemudahan yang inovatif serta memiliki nilai tambah berupa spiritual market yaitu sistem bagi hasil sebagai ciri yang membedakan dengan produk tabungan pada bank konvensional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030910292039;
dc.subjectKEPUTUSAN NASABAH MENABUNGen_US
dc.titleFAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA PRODUK SHAR-E PT. BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record