dc.description.abstract | Sikap merupakan hasil belajar manusia, sehingga sikap dapat ditumbuhkan
dan dikembangkan melalui proses belajar. Menumbuhkan sikap kewirausahaan dapat
dilakukan melalui pendidikan formal, non formal dan informal. Kegiatan pembinaan
sikap secara formal yang dilaksanakan melalui mata kuliah kewirausahaan. Kegiatan
pembelajaran mata kuliah kewirausahaan memberikan bekal konsep teori serta
keterampilan tentang kewirausahaan.
Mata kuliah kewirausahaan adalah salah satu dari sejumlah mata kuliah yang
terdapat dalam MKU, diberikannya mata kuliah tersebut diharapkan dapat
menumbuhkan sikap wirausaha yang dicirikan sebagai manusia yang berkemauan
keras, berkeyakinan kuat atas kemampuan pribadi, keberanian mengambil resiko,
kejujuran dan tanggung jawab, ketahanan fisik dan mental, ketekunan dan keuletan
dalam berusaha, pemikiran yang kreatif dan inovatif, dan berorientasi masa depan.
Keberhasilan program pendidikan MKU khususnya mata kuliah kewirausahaan
adalah ditandai adanya perubahan perilaku mahasiswa balk dari aspek kognitif,
afektif, dan psikomotoriknya sesuai dengan tujuan kurikuler.
Salah satu cara melihat keberhasilan seorang peserta didik dalam proses
belajar mengajar dan sejauh mana peserta didik belajar adalah dengan melihat
prestasi belajarnya. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana
pengaruh prestasi belajar kewirausahaan terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan
menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi angket dan dokumentasi.
Jumlah responden yang diambil secara populasi yaitu mahasiswa Program Studi
Pendidikan Ekonomi yang berjumlah 132 mahasiswa, sedangkan analisis data
menggunakan tekhnik analisis regresi linier sederhana dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa
variabel prestasi belajar kewirausahaan mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi tahun
angkatan 2005/2006 dan 2006/2007. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan uji F,
dimana F
hitung
(196,761) > F
(3,96) dengan tingkat α = 0,05 > Sig F = 0,000. Nilai
koefisien korelasi sebesar 0,776 yang berarti bahwa prestasi belajar kewirausahaan
memiliki hubungan yang kuat dengan sikap kewirausahaan mahasiswa sebesar
77,6%.
tabel
Hasil analisis koefisien determinasi yang digunakan untuk mengetahui
besarnya pengaruh prestasi belajar kewirausahaan terhadap sikap kewirausahaan
mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi tahun angkatan 2005/2006 dan 2006/2007
mempunyai pengaruh sesbesar 60,2%. | en_US |