dc.description.abstract | Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam proses peningkatan
kualitas sumberdaya manusia. Pendidikan pada dasarnya adalah suatu upaya untuk
mempersiapkan peserta didik agar dikemudian hari dapat mandiri dan tanggap akan
lingkungannya untuk menghadapi tantangan hidup. Kualitas pembelajaran harus
ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas hasil pendidikan, sehingga harus
menggunakan media pembelajaran yang efektif di kelas. Salah satu media
pembelajaran yang efektif di kelas dan lebih memberdayakan potensi siswa adalah
dengan menggunakan media gambar.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media gambar pokok
bahasan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain
di daerah pada siswa kelas IV SDN Paleran 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011.
(2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar
pokok bahasan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan
potensi lain di daerah pada siswa kelas IV SDN Paleran 05 Jember Tahun Pelajaran
2010/2011.
Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Paleran 05 mulai tanggal 3
Januari sampai 29 April 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah
model skema dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi
perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi
(reflection). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis
statistik deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi,
wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media
gambar pada siklus I dengan kriteria tidak aktif dan siklus II dengan kriteria aktif. Hal
ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 51,5% dan pada
siklus II sebesar 71,3%, (2) Pembelajaran IPS menggunakan media gambar dapat
meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil
belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 60% dan siklus II secara klasikal
sebesar 80% atau dapat dikatakan tuntas. | en_US |