Show simple item record

dc.contributor.authorANDRI MARDI SUSANTO, SE
dc.date.accessioned2014-01-27T03:06:06Z
dc.date.available2014-01-27T03:06:06Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM060820101004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25016
dc.description.abstractKualitas Jasa pendidikan yang terdiri dari 5 (lima) dimensi yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy yang diterima dan dirasakan oleh mahasiswa IKIP PGRI Jember dan persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa pendidikan masih belum diketahui sehingga masih belum diketahui pula bagaimana persepsi mahasiswa dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas mahasiswa di IKIP PGRI Jember. Oleh karena itu Judul tesis ini adalah “Pengaruh Persepsi Tentang Kualitas Jasa Pendidikan Tinggi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa di IKIP PGRI Jember. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa pendidikan pada dimensi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy serta pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa di IKIP PGRI Jember, dengan sasaran penelitian pada mahasiswa yang mengikuti proses pendidikan di IKIP PGRI Jember dan telah menempuh minimal empat semester. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan metode stratified proposional random sampling. Jumlah sampel sebanyak 83 orang mahasiswa yang terdistribusi dalam kelompok/strata berdasarkan angkatan dan program studi mahasiswa yaitu sebanyak 16 orang Prodi Pendidikan Matematika, 11 orang Prodi Pendidikan Biologi, 4 orang Prodi Pendidikan PKN, 17 orang Prodi Pendidikan Ekonomi, 3 orang Prodi Pendidkan Bimbingan Konseling, 4 orang Prodi Pendidikan Luasr Biasa, dan 25 orang Prodi PGTK. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa pendidikan pada masingmasing dimensi digunakan metode analisis diskriptif kualitatif dengan scoring nilai modus. Sedangkan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa digunakan metode kuantitatif dengan memakai model statistik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa pendidikan pada dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy sudah cukup bagus dengan rata-rata skor 3,51. Dengan komposisi untuk masing-masing dimensi Tangibles dengan skor 3,66, Reliability dengan skor 3,17, Responsiveness dengan skor 3,58, Assurance dengan skor 3,58, dan Empathy dengan skor 3,55. Hal ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa yang dirasakan sudah cukup tinggi. Dan hasil pengujian dengan menggunakan analisis jalur (path anayisis) diketahui bahwa persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa pada dimensi tangibles dan responsiveness mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Sedangkan persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa pendidikan pada dimensi tangible dan empathy mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Sedangkan kepuasan mahasiswa mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap loyalitas mahasiswa di IKIP PGRI Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060820101004;
dc.subjectKEPUASAN DAN LOYALITASen_US
dc.titlePENGARUH PERSEPSI TENTANG KUALITAS LAYANAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA PADA IKIP PGRI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record