Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, Nila Eka
dc.date.accessioned2014-01-27T02:51:34Z
dc.date.available2014-01-27T02:51:34Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM080910302025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24997
dc.description.abstractRIN GK ASAN P r ak tik P e r a jin T ob os (Stud i T e n tang P r ak tik P e r aj in T ob os d i D e sa Jam b e w an gi, K e c a m at an S e m p u , K ab u p at e n B an yu w a n gi M e lal u i P e r sp e k tif P ie r r e B ou r d ieu . Nila E ka S a ri: 080910302025; 2013 ; 139 Ha lama n; P rog r a m S t udi S osiol og i; F a kult a s I lm u S os ial Da n I lm u P oli ti k, Unive rsitas J e mber . De sa J a mbew a n g i mer u pa ka n d e sa y a n g b e ra d a tepa t di ba wa h Gun ung R a ung y a n g te rle tak di Ke c a m a tan S e mpu. De sa J a mbew a ng i y a n g be r a d a di da tar a n ti ngg i membua t p e rta n ian di de sa J a mbew a n g i sa n ga t maju, t e rbu kti de nga n ba n y a kn y a pe rt a nian y a ng be rk e mban g disana , na mun pe rke mban g a n i ni ti da k d i im ba ng i oleh ke butuhan a ka n tena ga manusia d a lam pr oses pe rt a nian, k a re na t e lah mengg un a ka n tena ga mesin y a n g moder n da n c a n gg ih. S e hingga meskipun pe rta nian maju, mer e ka ti da k da pa t be ke rja da lam se ktor ini , na mun ka re na de sa J a mbew a n g i be rba tas a n lang sun g de n g a n hutan, maka mas y a r a ka tn y a ba n y a k y a n g be ke rja da lam se ktor ke hutana n a tau me manf a a tkan sumb e rda y a hutan. P e ra ji n tobos a da lah sa lah sa tu k e lom pok mas y a ra ka t y a n g mema nf a a t ka n sumb e rda y a hut a n be rup a ba mbu, pe k e rja a n a tau ke tra mpi lan membua t t obos ini , di a wa li oleh Pak Sala m da n P a k S ira t sekit a r ta hun 1970 a n, da lam pr os e sn y a pe ke rj a a n ini meng e lol a b a mbu hingg a m e njadi ke tra mpi lan y a n g di a n y a m hin gg a m e mbentuk kotak ra pi da n da pa t di guna ka n se ba ga i a lat a n g k ut ba ra n g . P e ke rja a n se b a ga i pe ra ji n tobos ini y a n g h a n y a menga mbi l sumb e rda y a hutan ti da k menja dikan pa ra p e ra ji n tobos ha rus be rpe ndidi ka n ti ng g i, se hin gg a tak jar a ng mer e ka ha n y a lul usa n S D sa ja. P e ke rja a n y a n g memil iki re siko ti n gg i ini me re ka lakuka n se c a ra be rsa ma sa m a mema suki hutan, pe k e rja a n ini membua t pa ra p e ra ji n tobos ha rus me njalin r e lasi y a n g kompl e ks de ng a n be rba g a i pihak, dianta r a n y a De sa , P e rhuta ni da n LMDH . Maka se suai de n g a n lata r b e la ka ng te rse but pe ne li ti mer umus ka n masa lah se b a g a i be rikut “ B a ga im a na p ra kti k pe r a ji n tobos di desa J a mbew a ng i? ” Penelitian ini menggunakan teori rumusan generative Pierre Bourdieu yang ingin menggali tentang habitus, ranah, modal dan praktik yang dilakukan para perajin tobos di Desa jambewangi. Habitus di artikan sebagai kebiasaan para perajin dalam kegiatannya sehari-hari, ranah sangat erat hubungannnya dengan posisi para perajin tobos dalam mencapai ranah kekuatan, dalam mencapainya maka para perajin harus mencapai posisi-posisi yang diinterkasikan dengan habitus. Dalam hal ini modal sangat erat kaitannya dengan praktik para perajin tobos dalam melakukan pekerjaannya dan menjaga relasi para perajin dengan berbagai pihak. Dan disinilah akan terlihat bagaimana para perajin tobos melakukan praktik. Tinjauan terdahulu yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah: Tesis Irma F. Manurung, Tesis Untung Widyanto dan Tesis Meily Badriati. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan strukturalisme generatif yang ditawarkan sebagai kerangka teori dan metode untuk memahami kompleksitas realitas social pratik perajin tobos. Serta menggunakan paradigm kritis Paradigma ini mendefinisikan ilmu social sebagai suatu proses yang secara kritis berusaha mengungkap “the real structures” di balik ilusi, false needs, yang di nampakkan dunia materi, dengan tujuan membentuk suatu kesadaran social agar memperbaiki dan merubah kondisi kehidupan manusia khususnya kehidupan para perajin tobos. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desa sebagai ranah perajin tobos, didalamnya terdapat relasi-relasi yang terjalin sebagai keterkaitan satu sama lain. Desa dalam sejarahnya berdiri pada tahun 1930 dengan masyarakat yang pertama kali datang dari Kabupaten Blitar, mereka mengelola hutan sebagai tumpuan hidup. Kondisi geografis desa Jambewangi yang berada tepat di bawah Gunung Raung membuat desa Jambewangi memiliki pangkuan hutan yang berbeda dengan desa yang lain yang tidak memiliki batas wilayah dengan hutan, sehingga desa jambewangi memiliki karaktersitik yang berbeda dan banyak masyarakatnya yang bekerja dihutan, perajin tobos salah satunya. Perajin tobos mengelola sumberdaya hutan berupa bambu, dengan adanya nenek moyang mereka yang bersuku Jawa dari kabupaten Blitar, maka perajin tobos hanya dilakukan oleh suku Jawa, karena mereka memiliki ketelitian yang baik dan tekun. Perajin tobos yang menggunakan hutan sebagai tumpuan hidup, tidak memerlukan pendidikan yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya, sehingga banyak perajin yang hanya lulusan SD, dengan pendidikan yang rendah membuat mereka berada dalam stratifikasi terendah karena pekerjaan mereka yang berat dan hasilnya sedikit, secara ekonomi mereka sangat kekurangan. Dalam melakukan pekerjaannya di dalam hutan, para perajin berelasi dengan Perhutani sebagai pemangku hutan dan LMDH sebagai lembaga desa yang berperan aktif dalam membantu masyarakat mengelola hutan. Disposisi Perajin Tobos, para perajin tobos dibedakan atas dua macam habitus dengan perbedaan pada klasifikasi sosio kultur sesuai dengan sarana transportasi yang mereka gunakan dalam memasuki hutan guna mencari bahan baku bambu, yaitu perajin tradisional yang menggunakan sepeda ontel dan perajin modern yang menggunakan sepeda motor, perajin ini memiliki kelompok sendiri-sendiri sesuai kendaraan yang mereka pakai, dalam setiap kelompok terdapat 2-8 orang. Kehidupan keseharian mereka dalam memasuki hutan hingga sampai dirumah sebagian besar sama, namun perbedaannya ada pada waktu, modal, pendapatan, serta kendaraan karena menggunakan sepeda motor, maka banyak keuntungan yang dapat dirasakan bagi perajin sepeda motor. Para perajin ini ketika sampai dirumah maka dalam mengelola bambu tersebut atau yang sering disebut iratan, memiliki bentuk-bentuk kerja yang berbeda-beda, bentuk kerja ini menjadi tipe perajin dalam mengelola bambu, yaitu perajin pemula atau pencari, perajin sampingan atau penganyam, perajin ahli atau pencari+penganyam. Dari ketiga tipe tersebut memiliki pekerjaan yang berbeda-beda yang berhubungan satu sama lain, hubungan ini lebih pada hubungan simbiosis mutualisme.meskipun perajin dibedakan atas 3 tipe tersebut, tak lantas membuat mereka terpisah atau terbagi, karena perajin telah membentuk suatu kelompok yang bernama “Bambu Arum”, kelompok ini dibentuk sebagai wadah masyarakat perajin tobos dalam menjalin hubungan yang rukun dan saling melindung i sa tu sa m a lai n, ka re n a pe k e rja a n pe ra j in tobos y a n g se rin g b e rs ingg un g a n de nga n be rb a g a i pihak, maka pe rlun y a mer e ka membe ntuk wa da h ini , a g a r ter da p a t pe rw a kil a n a tau struktur y a n g ba ku da n da p a t menja di ka de r se ba ga i pe rw a kil a n pe ra ji n da lam mela kuk a n sega la ha l. R e lasi socia l da n pr a kti k pe ra ji n tobos , da la m ra na h pa ra pe r a ji n tobos mela kuka n re lasi sos ial da n pr a kti k da lam mela kuka n pe ke rja a nn y a . Da l a m re lasin y a pe ra ji n menja li n re lasi t e rha da p m a ke la r se b a g a i pe mbeli a tau pe r a ntar a p e rda g a n ga n tobos , mer e ka memil iki re lasi y a n g ba ik da la m pr oses pe njuala n ha s il pr oduksi pe ra ji n tobos . R e lasin y a de nga n de s a mer e k a mer upa ka n wa r g a d e sa y a n g memil iki ke wa ji ba n da n h a k ke pa da de sa n y a , b e g it u jug a de sa da lam membe ri pe r li ndung a n da n ke a mana n b a g i ke lan g sun g a n hidup mas y a ra ka tn y a , da lam ha l ini de sa membe ntuk lemba g a L M DH se ba ga i w a da h m a s y a ra ka t de sa hutan d a lam menge lol a sumb e rda y a hutan, s e hingg a mela lui L MD H ini d e sa d a pa t men ga tur d a n menga wa si mas y a ra k a tn y a , pa ra p e r a ji n tobos y a n g ter ga bun g d a lam ke lom pok “ B a m bu Ar um”, mer upa ka n a n gg ota L M DH “ Mi tra H u tan L e sta ri” , ka r e na s e mua mas y a ra ka t y a n g menge lol a hutan m e rupa ka n a n gg ota L MDH , h a n y a sa ja ke a n gg ota a n y a dibeda ka n y a it u a da a n gg ota biasa da n a n gg ota ist im e wa . Da lam ke rja n y a L MD H be rmitr a de nga n P e rhuta ni , ke r a n P e rhuta nil a h y a n g m e mi li ki ke we na n g a n d a lam menge lol a hutan a taupun da lam me ng a tur pol a ke rja y a n g a d a da lam hutan, se hin gg a de sa y a n g diwa kil i oleh L MDH be rmitra de n g a n P e rhut a ni da lam memba ntu mas y a ra k a t menge lol a sum be r da y a hutan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910302025;
dc.subjectPERAJIN TOBOSen_US
dc.titleI Praktik Perajin Tobos (Studi Tentang Praktik Perajin Tobos di Desa Jambe Wangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi Melalui Perspektif Pier Re Bour Dieu) the Crafts Man of Tobos’ Spracticeen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record