Show simple item record

dc.contributor.authorL. MUH. MIFTAHUDIN
dc.date.accessioned2014-01-27T02:50:29Z
dc.date.available2014-01-27T02:50:29Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM070210204038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24994
dc.description.abstractMenurunya motivasi dan nilai hasil belajar IPA di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran dan Media pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPA sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPA yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPA. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa metode pembelajaran. Metode dan media tersebut dapat mendekatkan IPA kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Kepatihan 03 Jember dalam mata pelajaran IPA pokok Bahasan Macam-macam Gerak Benda melalui model pembelajaran Quantum Teaching tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kepatihan 03 Kecamatan Kaliwates, dimulai pada tanggal 24 Mei 2011 sampai tanggal 27 Mei 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 24 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema kemis dan taggar dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis motivasi siswa selama proses pembelajaran IPA, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran IPA materi macam-macam gerak benda ini efektif karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, kemampuan akademik dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar. Persentase hasil tes formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari 28.3% menjadi 80.2%. Motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I sampai dengan siklus II dari 54.5% menjadi 72%. Peningkatan aktivitas diatas, ` dapat dilihat bahwa dengan bermain peran dapat meminimalisir kekurangan dari pembelajaran tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran IPA pokok bahasan macam-macam gerak benda dikatakan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas III SDN Kepatihan 03 Jember Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 28% siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 80,2% siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204038;
dc.subjectPeningkatan Motivasi Dan Hasil Belajaren_US
dc.titleMENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN GERAK BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BAGI SISWA KELAS III DI SDN KEPATIHAN 03 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record