Show simple item record

dc.contributor.authorLitha Puji Lestari
dc.date.accessioned2014-01-27T02:42:05Z
dc.date.available2014-01-27T02:42:05Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM060210302359
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24983
dc.description.abstractIlmu Pengetahuan Sosial merupakan bidang studi yang dianggap membosankan oleh siswa. Pembelajaran IPS selama ini terkesan kurang bervariasi, sehingga siswa cenderung bersifat pasif di kelas. Tinggi rendahnya kualitas proses dan hasil belajar yang dicapai siswa salah satunya ditentukan oleh guru dan model pembelajaran yang digunakan. Salah satu alternatif model pembelajaran yang mampu memperbaiki kualitas proses dan menuntaskan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat menciptakan suasana belajar yang bermanfaat dan menyenangkan sehingga siswa lebih termotivasi mengikuti proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kualitas proses belajar IPS pada siswa kelas VIII semester gasal SMP Negeri 1 Wonosari Bondowoso Tahun Pembelajaran 2010-2011? (2) Apakah Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII semester gasal SMP Negeri 1 Wonosari Bondowoso Tahun Pembelajaran 2010-2011? Tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan kualitas proses belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick siswa kelas VIII semester gasal SMP Negeri 1 Wonosari Bondowoso Tahun Pembelajaran 2010-2011; (2) Meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Talking viii Stick siswa kelas VIII semester gasal SMP Negeri 1 Wonosari Bondowoso Tahun Pembelajaran 2010-2011. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wonosari Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain Hopkins yang berbentuk spiral. Melalui tahapan tiga siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 38 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari kualitas proses yaitu aktivitas guru mengajar siswa, aktivitas belajar siswa, kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kualitas proses siswa belajar pada siklus I mencapai 50%, kualitas proses guru mengajar 58,33% dan kualitas proses pembelajaran 55,55%. Siklus II kualitas proses siswa belajar mencapai 66,66%, kualitas proses guru mengajar 66,66% dan kualitas proses pembelajaran 77,77%. Siklus III kualitas proses siswa belajar semakin meningkat 91,66%, kualitas proses guru mengajar 91,66% dan kualitas proses pembelajaran 88,88 %. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I aspek kognitif 55,26%, aspek afektif 55,84%, aspek psikomotorik 39,76%. Siklus II peningkatan aspek kognitif 76,31%, aspek afektif 64,03%, aspek psikomotorik 67,54%. Siklus III peningkatan aspek kognitif 89,47%, aspek afektif 77,48% dan aspek psikomotorik 75,44%. Berdasarkan keterangan diatas menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa secara klasikal antara siklus I, siklus II dan siklus III. Manfaat penelitian ini adalah: (1) Bagi siswa, akan memperoleh pelajaran IPS yang lebih menarik dan memungkinkan bagi dirinya memperoleh nilai-nilai yang terkandung dalam pelajaran IPS; (2) Bagi guru dan calon guru IPS, model pembelajaran Talking Stick dapat menjadi sumbangan pemikiran tentang cara melaksanakan pembelajaran; (3) Bagi lembaga pendidikan yang bersangkutan, sebagai sumbangan pemikiran pembelajaran IPS di sekolah; (4) Bagi peneliti, sebagai bekal terjun dalam kegiatan belajar mengajar IPS di sekolah nantinya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210302359;
dc.subjectModel Pembelajaran Talking Sticken_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 1 WONOSARI BONDOWOSO TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record