Show simple item record

dc.contributor.authorRISKIANA DWI RAHAYU
dc.date.accessioned2014-01-27T02:14:34Z
dc.date.available2014-01-27T02:14:34Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM070710101026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24943
dc.description.abstractBa nk merupakan lembaga keuangan yang berperan sebagai perantara keuangan masyarakat dan yang mampu mendorong perekonomian masyarakat. Hubungan nasabah dengan bank adalah hubungan yang diawali dengan kepercayaan nasabah terhadap bank dan kemudian mengikatkan diri dalam suatu perja nj ia n. Di dunia perbankan dikenal dengan perjanjian baku, artinya bank me ne nt uka n klausula perjanjian ter te nt u ya ng ke mud ia n nasaba h ha nya diber i kebebasan untuk menyetujui atau tidak menyetujui. Posisi demikian, me nj ad ikan keduduka n nasaba h sa nga t la h le ma h. Sehingga sangat dimungkinkan adanya hakhak nasaba h ya ng dila ngga r. Kas us pe mboc ora n data nas aba h ole h pihak ba nk ada la h sa la h sa t u ha l ya ng me nar ik unt uk diba ha s karena pihak bank memilik i otoritas yang sangat besar dalam hal mempergunakan data nasabah sehingga otoritas tersebut perlu untuk dibatasi. Rumusan masalah dalam penulisan skr ip s i ini adalah bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap nasabah yang dirugikan akibat adanya kebocoran data ya ng d ilakuka n o le h pihak bank, bagaimana bentuk pertanggungjawaban pihak perbankan jika terjadi kebocoran data yang dilakukan oleh bank yang mengakibatkan kerugian bagi nasabah dan upaya apakah yang harus dilakukan oleh nasabah jika nasabah dirugikan atas kebocoran data yang dilakukan oleh pihak bank. Tujuan dalam penulisan skrips i ini terdiri dari unt uk mengetahui dan memahami mengenai perlindungan hukum terhadap nasabah yang dirugikan akibat perbuatan melawan hukum oleh bank; untuk mengetahui dan memahami bentuk pertanggung jawaban pihak bank terhadap nasabah yang dirugikan akibat perbuatan melawan hukum oleh bank; da n unt uk mengetahui dan memahami upaya yang dilakukan oleh nasabah yang dirugikan dalam kebocoran data akibat perbuatan melawan hukum oleh bank. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah yur id is no r ma t if serta menggunakan pendekatan Undang-Undang dan pendekatan Konsept ua l. Bahan hukum yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunde r da n ba ha n non hukum. Ba ha n non hukum yang digunakan adalah mengambil data dari internet dan melakukan wawancara dengan Bank Indonesia Kantor Cabang Jember. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif normatif. Hasil pe nelitian menuj ukka n bentuk perlindungan terhadap data nasabah adalah Peraturan Bank Indonesia Nomor: 7/6/Pbi/2005 tentang Transparansi Informasi Produk Bank dan Penggunaan Data Pribadi Nasabah. Tanggung jawab Ba nk terhadap kerugian yang diderita nasabah bersifat intern dan ekstern. Artinya bank bertanggung jawab pada pegawainya yang melakukan pembocoran data, namun disisi lain bank juga bertanggung jawab terhadap nasabah yang dirugikan tersebut. Upa ya ya ng da pat dilakuka n ole h nasaba h ya ng dir ugika n ole h pihak bank akibat kebocoran data adalah me lakuka n pengaduan terhadap bank yang bersangkutan, apabila pengaduan tersebut tidak membuahkan hasil maka nasabah dapat memohon untuk dilakukan mediasi perbankan. Apabila dengan jalan tersebut bank dan nasabah tidak menemui titik temu maka nasabah dapat me ngaj uka n gugat a n di Pengadila n Ne ger i ataupun BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen). Saran ya ng diberikan adalah diperlukan suatu peraturan perundangundangan yang memberikan kepastian hukum bagi nasabah secara umum, mengingat dalam Undang-Unda ng Perba nka n da ta nasaba h ya ng waj ib dirahasiakan adalah data nasabah deposan sehingga hal ini masih belum bisa diberlakukan secara umum bagi semua jenis nasabah, pihak perbankan perlu meningkatkan pengawasan terhadap penggunaan data pribadi nasabah. Ba nk seha r us nya kooperatif dalam menangani dan menyelesaikan pengaduan nasabah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070710101026;
dc.subjectKEBOCORAN DATA NASABAH, PERBUATAN MELAWAN HUKUMen_US
dc.titleERTANGGUNGJAWABAN PIHAK BANK TERHADAP KEBOCORAN DATA NASABAH AKIBAT PERBUATAN MELAWAN HUKUM YANG DILAKUKAN OLEH BANK YANG MENGAKIBATKAN KERUGIAN BAGI NASABAHen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record