dc.description.abstract | Pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat dipahami oleh siswa
tidak hanya sepotong – sepotong, melainkan secara holistik. Mencakup semua
aspek kebahasaan yaitu : Menulis, Membaca, Menyimak, dan Berbicara. Selain
itu, pembelajaran Bahasa Indonesia juga diharapkan mampu menyentuh ketiga
ranah pendidikan baik kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan Kemampuan
Menulis siswa kelas IV SD Negeri Sukamakmur 01 Kecamatan Ajung dalam
menyampaikan pendapat dan gagasan (2) untuk mengetahui ketuntasan belajar
siswa dalam menyampaikan pendapat dan gagasan.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sukamakmur 01 Kecamatan
Ajung Kabupaten Jember pada siswa kelas IV yang terdiri dari 22 siswa. Siswa
dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelasyang
dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes
performance, wawancara, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk
menganalisis data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan
deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui kemampuan individu siswa
dalam menyampaikan pendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan selama
pembelajaran berlangsung. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 14 Agustus
2011 sampai 30 Agustus 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri
Sukamakmur 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan
berupa aktivitas siswa dan aktiviyas guru. Berdasarkan data yang telah diperoleh
dari hasil observasi diketahui bahwa prosentase aktivitas siswa selama
pembelajaran terkait Kemampuan Menulis.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktivitas pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam peningkatan kemampuan
menulis cerita dengan menggunakan media gambar berseri. | en_US |