Show simple item record

dc.contributor.authorAM. HISAM ARRIFKI
dc.date.accessioned2014-01-27T01:50:42Z
dc.date.available2014-01-27T01:50:42Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM080210274085
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24875
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat dipahami oleh siswa tidak hanya sepotong – sepotong, melainkan secara holistik. Mencakup semua aspek kebahasaan yaitu : Menulis, Membaca, Menyimak, dan Berbicara. Selain itu, pembelajaran Bahasa Indonesia juga diharapkan mampu menyentuh ketiga ranah pendidikan baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan Kemampuan Menulis siswa kelas IV SD Negeri Sukamakmur 01 Kecamatan Ajung dalam menyampaikan pendapat dan gagasan (2) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyampaikan pendapat dan gagasan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sukamakmur 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember pada siswa kelas IV yang terdiri dari 22 siswa. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelasyang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes performance, wawancara, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui kemampuan individu siswa dalam menyampaikan pendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan selama pembelajaran berlangsung. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 14 Agustus 2011 sampai 30 Agustus 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Sukamakmur 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan aktiviyas guru. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa prosentase aktivitas siswa selama pembelajaran terkait Kemampuan Menulis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan media gambar berseri.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274085;
dc.subjectGambar berserien_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS IV SDN SUKAMAKMUR 01 KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record