dc.description.abstract | Pembelajaran partisipatif adalah upaya pendidik melibatkan peserta didik
dalam kegiatan pembelajaran sehingga akan terjadi aktivitas saling belajar baik antar
peserta didik maupun antara peserta didik dengan pendidik. Tujuan dari pembelajaran
partisipatif adalah agar siswa lebih aktif dan kreatif dalam mengemukakan
gagasannya dalam kegiatan pembelajaran. Metode Game adalah suatu cara yang
digunakan untuk menyampaikan informasi kepada warga belajar dengan
menggunakan simbol-simbol atau alat-alat komunikasi lainnya. Dan tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui temuan apa saja yang diperoleh selama
diterapkan pembelajaran partisipatif dengan metode Game, mengetahui akt ivitas
belajar siswa selama pembelajaran dan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar
siswa pada sub pokok bahasan operasi hitung pada bilangan bulat.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kencong. Responden dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas VII-A semester ganjil SMP Negeri 3
Kencong tahun ajaran 2007/2008. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode
wawancara dan metode tes, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa
aktivitas siswa selama pembelajaran, hasil wawancara dan hasil tes.
Banyak temuan yang diperoleh pada penerapan pembelajaran partisipatif
dengan metode game, diantaranya adalah Pada penerapan pembelajaran partisipatif
dengan metode game diberlakukan terlebih dahulu dengan pemantapan materi dengantujuan agar kegiatan permainan berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dilihat dari
pemantapan materi pada pertemuan ketiga, banyak siswa yang kesulitan dalam
menghadapi permasalahan kombinasi. Kesulitan lain yang dialami dalam metode
game adalah bagaimana mengembangkan alat permainan agar dalam sub pokok
bahasan operasi hitung bilangan bulat terdapat bermacam-macam permainan. Temuan
yang lain adalah adanya kompetisi dan persaingan dalam permainan kartu domino
yang telah dimodifikasi sehingga pemain harus membuat strategi dalam mematahkan
jalannya lawan, serta temuan lain pada penelitian adalah kecurangan sering terjadi
dalam permainan.
Hasil penerapan pembelajaran partisipatif dengan metode Game pada sub
pokok bahasan operasi bilangan bulat kelas VII-A menunjukkan bahwa sebagian
besar siswa sudah memahami materi yang diajarkan. Hal ini dapat dilihat dari
prosentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 88,89% untuk soal
pemahaman konsep, untuk soal penalaran dan komunikasi 39 siswa tuntas secara
individual sehingga didapat prosentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal
mencapai 86,67% dan untuk soal pemecahan masalah 34 siswa tuntas secara
individual sehingga didapat prosentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal
mencapai 75,56%. | en_US |