Show simple item record

dc.contributor.authorWahono Tri Suryo Buntoro
dc.date.accessioned2014-01-27T00:59:59Z
dc.date.available2014-01-27T00:59:59Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM050810291078
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24744
dc.description.abstractStrategi pemasaran sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap perusahaan dalam menghadapi persaingan karena merupakan suatu gambaran umum tentang apa yang akan dilakukan oleh perusahaan dipasar sasaran (target market) dan bagaimana menetapkan siasat (strategi) perusahaannya. Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya strategi pemasaran bagi sebuah perusahaan. Penelitian ini dilakukan di perusahaan yang bergerak pada sektor industri tembakau yang berada di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember yaitu tepatnya pada perusahaan PT. Mayangsari. Dalam penelitian ini digunakan data primer dan data sekunder yang berasal dari perusahaan tembakau PT. Mayangsari Mayang. Penelitian ini menggunakan alat analisis SWOT (Strength, Weaknesess, Opportunity, Threath). Perhitungan dengan menggunakan analisis SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi kekuatan (Strength) yang bisa digunakan dalam bersaing dengan perusahaan lain yang terdiri dari lokasi perusahaan yang dekat dengan bahan baku, jaringan distribusi kuat, tim manajemen solid, tempat produksi luas, sarana transportasi yang memadai. Hal tersebut dapat memberikan peluang (Opportunity) tersendiri bagi perusahaan tembakau PT. Mayangsari Mayang dalam dunia bisnis, antara lain kerja sama perusahaan dengan perusahaan pabrik besar, kemungkinan pengolahan untuk suatu produk lain yang berguna yaitu produk campuran obat tradisional, rendahnya kontribusi pada sektor sekunder, sentra industri tembakau mendapatkan dukungan penuh dari PEMDA melalui Disperindag, persediaan sarana bahan baku yang memadai dari alam. Akan tetapi PT. Mayangsari Mayang juga memiliki kelemahan (Weaknesess) yaitu penggunaan tekhnologi lama untuk proses produksi, biaya proses produksi cukup tinggi, kualitas sumber daya manusia khususnya tenaga kerja langsung yang rendah, bahan pendukung proses produksi masih belum tergantikan, terbatasnya modal. Sehingga kelemahan tersebut akan menimbulkan ancaman perusahaan yang harus segera diatasi. Ancaman (Threath) tersebut antara lain banyaknya perusahaan sejenis yang didirikan, rendahnya pengetahuan masyarakat akan kualitas tembakau yang baik, persaingan harga yang tidak sehat antara perusahaan, tingginya tingkat inflasi menyebabkan kenaikan harga pokok produk, perubahan tingkat UMR menyebabkan naiknya biaya tenaga kerja. Strategi yang dihasilkan dalam strategi ini adalah strategi stabilitas, bentuk strategi ini meliputi peningkatan kerja sama dengan pabrik-pabrik besar, peningkatan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan kualitas produk dan mutu pelayanan kepada konsumen.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050810291078;
dc.subjectSTRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN TEMBAKAUen_US
dc.titlePENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN TEMBAKAU PT. MAYANGSARI KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record