• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN TEMBAKAU PT. MAYANGSARI KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    r (297)r_1.pdf (269.9Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Wahono Tri Suryo Buntoro
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Strategi pemasaran sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap perusahaan dalam menghadapi persaingan karena merupakan suatu gambaran umum tentang apa yang akan dilakukan oleh perusahaan dipasar sasaran (target market) dan bagaimana menetapkan siasat (strategi) perusahaannya. Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya strategi pemasaran bagi sebuah perusahaan. Penelitian ini dilakukan di perusahaan yang bergerak pada sektor industri tembakau yang berada di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember yaitu tepatnya pada perusahaan PT. Mayangsari. Dalam penelitian ini digunakan data primer dan data sekunder yang berasal dari perusahaan tembakau PT. Mayangsari Mayang. Penelitian ini menggunakan alat analisis SWOT (Strength, Weaknesess, Opportunity, Threath). Perhitungan dengan menggunakan analisis SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi kekuatan (Strength) yang bisa digunakan dalam bersaing dengan perusahaan lain yang terdiri dari lokasi perusahaan yang dekat dengan bahan baku, jaringan distribusi kuat, tim manajemen solid, tempat produksi luas, sarana transportasi yang memadai. Hal tersebut dapat memberikan peluang (Opportunity) tersendiri bagi perusahaan tembakau PT. Mayangsari Mayang dalam dunia bisnis, antara lain kerja sama perusahaan dengan perusahaan pabrik besar, kemungkinan pengolahan untuk suatu produk lain yang berguna yaitu produk campuran obat tradisional, rendahnya kontribusi pada sektor sekunder, sentra industri tembakau mendapatkan dukungan penuh dari PEMDA melalui Disperindag, persediaan sarana bahan baku yang memadai dari alam. Akan tetapi PT. Mayangsari Mayang juga memiliki kelemahan (Weaknesess) yaitu penggunaan tekhnologi lama untuk proses produksi, biaya proses produksi cukup tinggi, kualitas sumber daya manusia khususnya tenaga kerja langsung yang rendah, bahan pendukung proses produksi masih belum tergantikan, terbatasnya modal. Sehingga kelemahan tersebut akan menimbulkan ancaman perusahaan yang harus segera diatasi. Ancaman (Threath) tersebut antara lain banyaknya perusahaan sejenis yang didirikan, rendahnya pengetahuan masyarakat akan kualitas tembakau yang baik, persaingan harga yang tidak sehat antara perusahaan, tingginya tingkat inflasi menyebabkan kenaikan harga pokok produk, perubahan tingkat UMR menyebabkan naiknya biaya tenaga kerja. Strategi yang dihasilkan dalam strategi ini adalah strategi stabilitas, bentuk strategi ini meliputi peningkatan kerja sama dengan pabrik-pabrik besar, peningkatan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan kualitas produk dan mutu pelayanan kepada konsumen.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24744
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12432]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository