dc.description.abstract | Kesimpulan dari hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan jenis tindak
ilokusi yang banyak digunakan pada iklan Radio Prosalina Jember adalah jenis
asertif, tuturan iklan harus mampu menjalankan fungsi iformatif mengenai produk
yang ditawarkan oleh karena itu jenis asertif banyak digunakan. Fungsi yang
banyak ditemukan adalah fungsi konvival. Tuturan iklan harus mampu menarik
minat konsumen, untuk itu fungsi konvival seperti menawarkan banyak
ditemukan pada tuturan iklan radio. Selain itu, hasil dan pembahasan penelitian ini
juga dapat digunakan sebagai materi dalam pembelajaran menggunakan berbagai
jenis kalimat pragmatik siswa SMA program Bahasa kelas XII semester 2.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat diberikan saran pada (1)
mahasiswa FKIP PBSI yang ada di wilayah Jember, disarankan hasil penelitian ini
digunakan untuk bahan diskusi mengenai tindak tutur dalam mata kuliah
pragmatik, (2) guru Bahasa Indonesia, disarankan hasil penelitian ini digunakan
sebagai bahan pengembangan materi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk
melatih keterampilan menulis siswa, (3) Peneliti selanjutnya yang ingin meneliti
tindak tutur, disarankan penelitian ini dapat dikembangkan dengan bahasan yang
lebih luas, seperti modus tindak tutur ataupun efek perlokusi. | en_US |