Show simple item record

dc.contributor.authorAyu Khikmawati
dc.date.accessioned2014-01-27T00:50:58Z
dc.date.available2014-01-27T00:50:58Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM080210402047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24725
dc.description.abstractKesimpulan dari hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan jenis tindak ilokusi yang banyak digunakan pada iklan Radio Prosalina Jember adalah jenis asertif, tuturan iklan harus mampu menjalankan fungsi iformatif mengenai produk yang ditawarkan oleh karena itu jenis asertif banyak digunakan. Fungsi yang banyak ditemukan adalah fungsi konvival. Tuturan iklan harus mampu menarik minat konsumen, untuk itu fungsi konvival seperti menawarkan banyak ditemukan pada tuturan iklan radio. Selain itu, hasil dan pembahasan penelitian ini juga dapat digunakan sebagai materi dalam pembelajaran menggunakan berbagai jenis kalimat pragmatik siswa SMA program Bahasa kelas XII semester 2. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat diberikan saran pada (1) mahasiswa FKIP PBSI yang ada di wilayah Jember, disarankan hasil penelitian ini digunakan untuk bahan diskusi mengenai tindak tutur dalam mata kuliah pragmatik, (2) guru Bahasa Indonesia, disarankan hasil penelitian ini digunakan sebagai bahan pengembangan materi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk melatih keterampilan menulis siswa, (3) Peneliti selanjutnya yang ingin meneliti tindak tutur, disarankan penelitian ini dapat dikembangkan dengan bahasan yang lebih luas, seperti modus tindak tutur ataupun efek perlokusi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210402047;
dc.titleTINDAK ILOKUSI PADA IKLAN RADIO PROSALINA JEMBER DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record