dc.description.abstract | Observasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa Kelas IV
SDN Wringinagung 03 masih rendah. Metode yang digunakan oleh guru masih kurang
bervariasi yaitu ceramah dan penugasan dari segi media pembelajaran guru jarang
menggunakan media, padahal penggunaan suatu media dalam pelaksanaan pengajaran akan
membantu kelancaran, efektivitas, dan efisiensi pencapaian tujuan pembelajaran. Selain itu
dalam proses pembelajaran siswa jarang mendapatkan kesempatan untuk terlibat aktif dalam
proses pembelajaran mereka hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga membuat siswa
pasif dalam belajar hal ini menyebabkan hasil belajar IPA rendah. Siswa belajar aktif ketika
mereka secara terus menerus terlibat secara mental dan fisik, dampak dari pembelajaran aktif
adalah penuh semangat, hidup, giat, berkesinambungan, kuat, efektif. Dalam pembelajaran
aktif siswa benar-benar ikut terlibat dan menjadi bagian dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran menggunakan metode picture and picture dengan media visual merupakan
salah satu alternatif untuk menciptakan pembelajaran IPA yang aktif. Pembelajaran
menggunakan metode Picture and Picture dilakukan dengan cara memperlihatkan gambargambar
yang sesuai dengan materi pembelajaran, kemudian guru menunjuk siswa secara
bergantian untuk mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Dengan cara
pembelajaran seperti ini memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan siswa aktif
mengikuti pembelajaran serta merasa terlibat dan menjadi bagian dari proses pembelajaran.
Bedasarkan alasan yang telah dikemukakan, peneliti mengangkat permasalahan;
bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan Perubahan
lingkungan Fisik dan Prosesnya dengan menggunakan Metode Picture and picture dan media
visual pada siswa kelas IV SDN wringinagung 03? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Wringinagung 03 pada mata pelajaran
IPA pokok bahasan Perubahan Lingkungan Fisik dan Prosesnya. | en_US |