• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENGENAL UNSUR BANGUN DATAR KELAS II SDN LANGKAP 01 BANGSALSARI

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (240)_1.pdf (251.5Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Lisaadah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar matematika di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat pada guru, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Sehingga, pemahaman terhadap konsep matematika sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Cooperative learning merupakan sistem pengajaran yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang terstruktur. Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan model cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division). STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan salah satu metode dari model pembelajaran Cooperative Learning. Dalam metode STAD siswa dikelompokkan dan setiap kelompok beranggotakan 4-6 orang yang dipilih secara heterogen. Anggota tim heterogen terdiri dari siswa berprestasi tinggi, sedang, dan rendah, laki-laki dan perempuan yang berasal dari latar belakang etnis yang berbeda. Berdasarkan alasan yang telah dikemukaka, peneliti ini mengangkat permasalahan 1) Bagaimanakah implementasi model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pokok bahasan mengenal unsur bangun datar kelas II SDN Langkap 01 Bangsalsari tahun ajaran 2010/2011, 2) Bagaimanakah 9 aktivitas belajar siswa dalam penerapan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan mengenal unsur bangun datar kelas II SDN Langkap 01 Kecamatan Bangsalsari Jember tahun ajaran 2010/2011, dan 3) Bagimanakah persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam penerapan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan mengenal unsur bangun datar kelas II SDN Langkap 01 Bangsalsari tahun ajaran 2010/2011. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah implementasi model Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan mengenal unsur bangun datar kelas II SDN Langkap 01 Bangsalsari tahun ajaran 2010/2011, 2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pokok bahasan mengenal unsur bangun datar kelas II SDN Langkap 01 Kecamatan Bangsalsari Jember tahun ajaran 2010/2011, dan 3) Untuk mencapai ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pokok bahasan mengenal unsur bangun datar kelas II Semester 2 SDN Langkap 01 Kecamatan Bangsalsari Jember tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Apabila pada siklus pertama hasil belajar siswa tergolong tuntas secara keseluruhan maka siklus dihentikan, tetapi apabila belum tuntas maka dapat dilanjutkan pada siklus kedua. Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) mengalami peningkatan yaitu pada siklus I persentase aktivitas siswa secara klasikal dalam pembelajaran cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) mencapai 73,26%, aktivitas siswa dan pada siklus II mencapai 80,21 %. Pembelajaran melalui model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) juga 10 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada setiap siklus. Persentse ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 58,33 %. Dan pada siklus II mencapai 83,33 %. Oleh karena persentase aktivitas siswa telah mencapai 75 % dan persentase ketuntasan hasil belajar telah mencapai 70 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Implementasi pembelajaran matematika dengan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) berjalan lancar, 2) Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran melalui model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) mengalami peningkatan, 3) Pembelajaran matematika dengan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sekolah hendaknya memberikan fasilitas untuk pengadaan media dan penambahan wawasan terhadap guru-guru SDN Langkap 01 agar pembelajaran menjadi lebih baik dan optimal
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24645
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository