• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TELAAH ISI MATERI BUKU TEKS BIOLOGI SMA/MA KELAS XI YANG BANYAK DIGUNAKAN DI KOTA JEMBER BERDASARKAN ISI KURIKULUM DAN PERANAN GURU DALAM MENGATASI MASALAH PERBUKUAN

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhubA (236)x_1.pdf (484.3Kb)
    Date
    2014-01-26
    Author
    Firman Hakim
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Buku adalah jendela dunia terutama dalam dunia pendidikan, buku teks pelajaran yang baik harus harus mengacu pada kurikulum yang berlaku, berorientasi pada keterampilan proses dengan menggunakan pendekatan kontekstual, teknologi dan masyarakat, serta demonstrasi dan eksperimen. Materi yang disusun dalam sebuah bahan ajar harus sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang tertuang dalam kurikulum tersebut, sehingga indikator keberhasilan siswa tercapai secara maksimal. Berlakunya otonomi sekolah memberikan kebebasan kepada sekolah untuk mengelola segala Isinya termasuk dalam pengadaan buku teks pelajaran sedangkan jenis buku teks yang beredar dipasaran sangat beragam oleh sebab itu, penelitian yang terkait dengan tingkat kesesuaian dan keluasan buku teks terhadap Isi kurikulum sangat diperlukan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena merupakan penelitian analisis isi (content analysis) terhadap buku yang dijadikan objek penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya kesesuaian dan keluasan antara materi dengan Isi kurikulum yang digunakan di SMA dan MA negeri di Kota Jember yang tersaji pada beberapa buku teks biologi serta usaha guru dalam mengatasi permasalahan yang ditemukan dalam penggunaan buku teks pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah buku teks yang bersifat wajib sebagai buku pegangan siswa dan buku pelengkap yang digunakan dalam pembelajaran biologi kelas XI di SMA dan MA negeri di kota Jember sedangkan sampel diperoleh dari menstratifikasi tiga buku dengan tingkat penggunaan terbanyak dari jumlah sekolah yang diobservasi yaitu secara berurutan adalah Buku Biologi 2 A dan B karangan Syamsuri, Buku Biologi 2 karangan Pratiwi, dan Buku Biologi 2 karangan Aryulina terbitan Penerbit Erlangga. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum KTSP yang dikembangkan oleh masing-masing sekolah berupa indikator pencapaian hasil belajar yang dikembangkan dalam bentuk kriteria pendukung indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian dan keluasan dari ketiga buku teks dalam menjabarkan Isi kurikulum berbagai sekolah berada dalam kategori tinggi dimana Buku Biologi 2A dan 2B karangan Syamsuri memiliki nilai persentase yang besar pada tiap kurikulum sekolah yaitu untuk MA Negeri 1 = 96%; MA Negeri 2 = 94%; SMA Negeri 1 = 90%; SMA Negeri 2 = 92%; SMA Negeri 3 = 95%; SMA Negeri 4 = 94%; dan SMA Negeri 5 = 92%. Buku teks Biologi 2 karangan Pratiwi memiliki nilai persentase dalam memenuhi kriteria indikator dari berbagai kurikulum sebesar MA Negeri 1 = 95%; MA Negeri 2 = 93%; SMA Negeri 1 = 89%; SMA Negeri 2 = 92%; SMA Negeri 3 = 95%; SMA Negeri 4 = 91%; dan SMA Negeri 5 = 90%. Buku teks Biologi 2 karangan Aryulina memiliki nilai persentase dalam memenuhi kriteria indikator dari berbagai kurikulum sebesar MA Negeri 1 = 91%; MA Negeri 2 = 97%; SMA Negeri 1 = 90%; SMA Negeri 2 = 91%; SMA Negeri 3 = 91%; SMA Negeri 4 = 91%; dan SMA Negeri 5 = 95%. Masalah perbukuan yang ditemukan guru dalam menggunakan buku teks sebagai sumber belajar bervariasi, dari angket yang dijawab guru ditemukan beberapa masalah, masalah utama yang umum dijumpai adalah perbedaan kosep, keluasan dalam menjabarkan materi dan harga buku teks yang mahal, usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi dan menghindari masalah diantaranya selektif dalam menentukan buku teks yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran, memperkaya referensi, penggunaan media pendukung penjelasan materi dan memberikan penugasan guna menarik minat baca siswa yang dilakukan untuk mengatasi dan mencegah masalah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24618
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3425]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository