dc.description.abstract | Saat ini jasa pendidikan yang berkualitas dapat dijadikan modal sekaligus
kunci keberhasilan dalam menghadapi globalisasi dan kompetensi yang semakin
ketat. Mengingat arti pentingnya jasa pendidikan, sarana prasarana dan tenaga
pengajar yang berkualitas merupakan faktor-faktor yang berkaitan dengan jasa
pendidikan. Lembaga pendidikan yang berkualitas merupakan faktor penting yang
dapat mempengaruhi outcome siswa suatu lembaga pendidikan. Lembaga
pendidikan memberikan pelayanan jasa pendidikan yang berkualitas dapat dilihat
dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan
menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk
melaksanakan jenis pekerjaan tertentu agar siswa mampu bersaing di dunia kerja
dalam era globalisasi saat ini. Banyaknya SMK yang didirikan dapat
menimbulkan persaingan antar lembaga pendidikan sehingga lembaga pendidikan
perlu meningkatkan kualitas sarana prasarana dan tenaga pengajarnya. Tujuan dari
penelitian ini adalah: 1) mengkaji pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa
pendidikan terhadap outcome siswa SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran
2011/2012 dan 2) mengkaji manakah diantara variabel bukti fisik, kehandalan,
daya tanggap, jaminan dan empati yang memiliki pengaruh dominan terhadap
outcome siswa SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian inferensial. Tempat penelitian
ditentukan dengan cara Purposive Area yang dilaksanakan di SMK Negeri 1
Jember dan penentuan responden penelitian menggunakan Random Sampling.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara,
observasi dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini sebelumnya di uji dengan
menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis
regresi linier berganda, efektifitas garis regresi, uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05 yang dibantu dengan menggunakan program SPSS 17,00 for
windows.
Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Ŷ=-2,448+
0,240X1 + 0,062X2 + 0,202X3 + 0,216X4 + 0,242X5 + e dengan R2 (R Square)
sebesar 0,724. Uji F diperoleh hasil fhitung sebesar 49,284 dan ftabel pada taraf
signifikansi 5% yaitu sebesar 2,311 dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu
fhitung > ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semua
variabel bebas (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) secara
simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh terhadap outcome siswa SMK
Negeri 1 Jember tahun ajaran 2011/2012. Besarnya pengaruh tersebut sebesar
72,4%. Sedangkan secara parsial, dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan
memiliki pengaruh sebesar bukti fisik 25,53%, kehandalan 7,38%, daya tanggap
10,52%, jaminan 11,14% dan empati 17,87%.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa: 1)
dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan berpengaruh terhadap outcome siswa
SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2011/2012 sebesar 72,4% dan 2) bukti fisik
memiliki pengaruh dominan terhadap outcome siswa SMK Negeri 1 Jember tahun
ajaran 2011/2012 sebesar 25,53%. | en_US |