dc.description.abstract | Belajar sambil bermain, inilah bentuk atau pola hubungan yang paling ideal
antara belajar dan bermain. Ada jenis-jenis alat permainan tertentu yang lebih cocok,
bahkan didesain secara khusus untuk mempermudah anak dalam belajar tertentu.
Permainan memang di maksud bukan sebagai mainan semata, melainkan permainan
yang dapat menstimulasi minat belajar anak. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah peranan permainan edukatif dalam mencerdaskan
anak usia dini di PAUD Taman Bocah Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo
Tahun Pelajaran 2011-2012? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
Peranan Permainan Edukatif dalam Mencerdaskan Anak Usia Dini di PAUD Taman
Bocah Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2011-2012.
Manfaat penelitian adalah untuk memaparkan kegunaan hasil penelitian yang tel ah
dicapai, baik untuk peneliti, guru, peneliti lain dan Program Studi Pendidikan Luar
Sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif.
Jumlah informan kunci sebanyak 3 orang yaitu guru PAUD Taman Bocah dan
informan pendukung sebanyak 21 orang yang terdiri dari kepala sekolah dan orang
tua murid. Lokasi penelitian ditetapkan di Kecamatan Asembagus Kabupaten
Situbondo dengan metode deskriptif kualitatif. Waktu yang di butuhkan dalam
penelitian adalah 5 bulan mulai bulan Februari sampai dengan bulan Juni 2012
dengan rincian 2 bulan persiapan, 2 bulan di lapangan dan 1 bulan pembuatan
laporan. Data primer dalam penelitian ini di peroleh melalui wawancara dan observasi. Data sekunder di peroleh dengan dokumentasi. Selain itu a nalisis data di
lakukan dengan metode triangulasi
Dari penelitian dapat di dapatkan bahwa alat permainan edukatif ini
mempunyai peranan dalam kecerdasan anak. dengan stimulasi atau rangsangan yang
di berikan guru kepada peserta didik, mereka dapat memberi kan reaksi terhadap apa
yang di berikan meskipun reaksinya tidak semuanya sesuai. Alat permainan edukatif
juga berperan meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Tidak hanya menstimulasi
dan memotivasi, alat permainan edukatif juga berperan dalam mengemban gkan
permainan anak. mereka dapat mengasah keterampilan dan kreativitas mereka sesuai
dengan apa yang mereka inginkan. Alat permainan yang menyenangkan akan
membuat anak betah dan terangsang untuk mencoba dan mencoba lagi. Semakin
menyenangkan alat permainan yang mereka mainkan maka semakin besar keinginan
mereka untuk mengetahuinya.
Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan di PAUD Taman Bocah
adalah bahwa alat permainan edukatif mempunyai peranan dalam kecerdasan anak.
Menstimulasi, dapat memberikan reaksi dan menarik minat anak ketika guru
menjelaskan dengan menggunakan alat permainan edukatif. Memotivasi, mampu
merangsang dan memotivasi anak sekaligus mampu mengembangkan berbagai jenis
kemampuan anak. Mengembangkan keterampilan, anak dapat mengembangkan
keterampilan dan berbagai jenis potensi yang ada pada anak dalam berbagai aktivitas.
Saran yang di berikan adalah untuk pendidik PAUD Taman Bocah adalah guru
hendaknya lebih bisa mengembangkan keterampilan pada anak agar potensi yang ada
pada anak dapat berkembang secara optimal, guru hendaknya bisa memotivasi anak
untuk belajar jika anak merasa malas, guru hendaknya menstimulasi atau memberikan
rangsangan agar anak dapat melakukan permainan dan menggunakan alat permainan
apapun tanpa harus ada rasa takut. | en_US |