• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Problem-Based Instruction Dilengkapi Performance Assessment pada Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore Tahun Ajaran 2011-2012; Titus Windhiyanti, 070210102014

    Thumbnail
    View/Open
    gdl (341)_1.pdf (229.2Kb)
    Date
    2014-01-26
    Author
    Titus Windhiyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis skor post test kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore menunjukkan ketuntasan hasil belajar masih rendah yaitu hanya 10% dari total 31 siswa yang memiliki skor diatas 75 KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Jika ditinjau dari aktivitas belajar fisika siswa di kelas, siswa kelas VII-G memiliki aktivitas yang rendah. Rendahnya aktivitas belajar fisika siswa di kelas ditunjukkan oleh; (1) tidak ada siswa yang mengerjakan soal di depan kelas; (2) tidak ada siswa yang mengajukan pertanyaan pada guru; (3) tidak ada siswa yang mengerjakan tugas dengan baik dan benar; (4) hanya 7 siswa yang mencatat halhal penting dan materi yang di tulis di papan tulis dengan rapi dan benar sesuai materi yang diberikan. Skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa adalah 34.67%. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran model Problem-Based Instruction dilengkapi performance assessment untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; (1) Bagaimana model Problem-Based Instruction dilengkapi performance assessment dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar? (2) Bagaimana peningkatan aktivitas belajar fisika menggunakan model Problem- Based Instruction dilengkapi performance assessment? (3) Bagaimana peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika menggunakan model Problem-Based Instruction dilengkapi performance assessment? pada siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model Problem-Based Instruction dilengkapi performance assessment dalam meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar, peningkatan aktivitas belajar serta peningkatan ketuntasan hasil belajar menggunakan model Problem-Based Instruction dilengkapi performance assessment pada siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore tahun ajaran 2011- 2012. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa presentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebelum dilaksanakan tindakan (observasi awal) adalah 34,67%, pada siklus 1 sebesar 73,80% dengan kategori aktif dan pada siklus 2, sebesar 83,77% dengan kategori sangat aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan (observasi awal) adalah sebesar 10%, pada pembelajaran siklus 1 sebesar 41,19% dan pada siklus 2 sebesar 90,32%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah; (1) Meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan model problem-based instruction dilengkapi performance assessment dilakukan dengan menerapkan tahap-tahap yang terdapat dalam model serta menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung. Model ini, menekankan pada kemampuan dan peran aktif siswa saat kegiatan pembelajaran serta memberikan pengetahuan yang bermakna bagi siswa. Dengan demikian aktivitas belajar siswa akan meningkat diikuti dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. (2) Aktivitas belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore pada pembelajaran dengan model problem-based instruction dilengkapi performance assessment mengalami peningkatan dari 34,67% pada observasi awal menjadi 73,80% pada siklus 1 dan 83,77% pada siklus 2. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Glenmore pada pembelajaran dengan model problem-based instruction dilengkapi performance assessment mengalami peningkatan dari 10% pada observasi awal menjadi 41,19% pada siklus 1 dan 90,32% pada siklus 2.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24505
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository