Show simple item record

dc.contributor.authorTitik Wahyuningsih
dc.date.accessioned2014-01-26T22:21:21Z
dc.date.available2014-01-26T22:21:21Z
dc.date.issued2014-01-26
dc.identifier.nimNIM100210274076
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24430
dc.description.abstractPembelajaran IPS pada umumnya menggunakan buku paket dan LKS saja sebagai sumber belajar dan metode yang sering digunakan adalah metode ceramah dan pemberian tugas . Bahkan penggunaan media pembelajaran juga jarang dilakukan sehingga penyajian materi kurang menarik perhatian siswa sehingga siawa sulit dalam memahami materi pelajaran IPS. Karena sebab inilah peserta didik banyak yang jenuh ketika proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), sehingga penguasaan materi oleh siswa tidak maximal. Akibatnya hasil belajar siswa rendah,siswa kurang aktif dan pasif. Dalam proses kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar khususnya dalam pembelajaran IPS guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang mengedepankan cara berpikir kritis, dan analitis, namun hanya metode ceramah yang sering digunakan. Berdasarkan permasalahan di atas, maka peneliti berminat untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa kelas V di SD Negeri Jenggawah 07. Pada mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan Zaman Pergerakan Nasional Indonesia dengan menerapkan pendekatan PAKEM. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimanakah penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran IPS yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Jenggawah 07? 2. Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan pendekatan PAKEM pada siswa kelas V di SDN Jenggawah 07? Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran IPS yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Jenggawah 07 dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Jenggawah 07 melalui penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran IPS. PTK ini dilaksanakan pada siswa kelas V yany terdiri dari 31 siswa di SDN jenggawah 07 yang beralamatkan di utara alun-alun Jenggawah no.4, kecamatan Jenggawah, kabupaten Jember. Adapun Sumber data dari PTK ini yaitu dari siswa kelas V SDN Jenggawah 07 dan peneliti. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil observasi proses unjuk kerja dan tes akhir.Jenis data meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. PTK ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu prasiklus,siklus I dan siklus II. Masing-masing tahap terdiri dari 1 pertemuan. Tahap prasiklus dilakukan oleh guru kelas yang diikuti oleh 31 siswa,tanpa menerapkan pendekatan PAKEM. Pada siklus I dan siklus II dilakukan oleh peneliti yang diikuti oleh 31 siswa dengan menerapkan pendekatan PAKEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tahap prasiklus hasil belajar siswa rendah. Banyak siswa yang belum memahami materi. Pada siklus I, hasil belajar siswa sedikit meningkat,ada beberapa siswa yang belum memahami materi. Pada siklus II hasil belajar siswa sangat meningkat, rata-rata semua siswa mendapat nilai melebihi dari Kriteria Ketuntasan Minimal. Dari data yang peneliti peroleh dalam pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan pendekatan PAKEM,dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan mandiri. Dengan metode pembelajaran yang bervariasi maka siswa tidak jenuh dalan proses KBM. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi. Dari hasil belajar prasiklus dengan rata-rata nilai 57,22 pada siklus I meningkat menjadi 59,22 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,83. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan PAKEM dalam proses kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Oleh karena itu setiap guru hendaknya menerapkan pendekatan PAKEM dalam proses kegiatan belajar mengajar supaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274076;
dc.subjectHasil Belajar IPSen_US
dc.titleMeningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Pendekatan PAKEM pada Siswa Kelas V di SDN Jenggawah 07;Titik Wahyuningsih,100210274076en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record