dc.description.abstract | RINGKASAN
Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok
bahasan perkembangan teknologi transportasi kelas IV SDN Kebonsari 04
Jember melalui metode inkuiri dengan menggunakan media gambar semester
genap tahun pelajaran 2010/2011; Ningsi Jais; 070210204009; 2011; 60
halaman;Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
Permasalahan yang ada di kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember tahun pelajaran
2010/2011 yaitu motivasi belajar siswa rendah dan rendahnya hasil belajar.
Permasalahan tersebut dikarenakan guru lebih sering memilih metode ceramah, tanya
jawab dan pemberian tugas tanpa menggunakan media pembelajaran yang dapat
membantu pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari dan guru jarang
melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga siswa pasif dalam
menerima materi yang diajarkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
motivasi belajar siswa melalui metode inkuiri dengan menggunakan media gambar
mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi kelas dan
bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui metode inkuiri dengan
menggunakan media gambar mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan
teknologi transportasi.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi pada
siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember tahun pelajaran 2010/2011 melalui metode
inkuiri dengan menggunakan media gambar.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data
dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 Jember, dimulai pada
tanggal 21 Mei 2011 sampai tanggal 28 Mei 2011. Subjek penelitian adalah siswa
kelas IV di SDN Kebonsari 04 Jember dengan jumlah siswa 49 anak. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan
dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus
terdiri dari empat fase, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis
data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas IV
SDN Kebonsari 04 Jember meningkat dari rendah menjadi tinggi. Sebelum
diterapkan metode inkuiri dengan menggunakan media gambar, motivasi belajar
siswa rendah dengan skor rata-rata 63.8 dan hasil belajar hanya mencapai 62.1 yang
menunjukkan kurang dari SKM yang telah ditentukan. Setelah diterapkan metode
inkuiri dengan menggunakan media gambar, motivasi belajar siswa meningkat
menjadi cukup dengan skor rata-rata 70.8 dan hasil belajar siswa mendapat skor ratarata
75.6 pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi tinggi dengan skor
rata-rata motivasi belajar siswa adalah 80.3 dan hasil belajar siswa mendapat skor
rata-rata 78.2.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya
metode inkuiri dengan menggunakan media gambar dapat memperbaiki proses
pembelajaran, yaitu meningkatkan motivasi dann hasil belajar siswa. Adapun
sarannya adalah bagi siswa agar lebih serius dalam pembelajaran,bagi guru agar
memulai pembelajaran dengan sarana dan prasarana yang sudah dikenali siswa, bagi
peneliti lain agar mempelajari langkah-langkah penelitian yang terdapat dalam hasil
penelitian, agar dapat memperbaikinya dalam pelaksanaan penelitian berikut yang
terkait dengan penelitian ini, dan bagi sekolah agar menyiapkan sarana dan sumber
belajar yang baik bagi siswa serta selalu mengawasi nilai siswa dalam setiap mata
pelajaran untuk menentukan langkah perbaikan yang tepat demi meningkatkan
kualitas pembelajaran di sekolah. | en_US |