dc.description.abstract | Kebutuhan masyarakat yang semakin komplek akan jasa menyebabkan
permintaan di sektor perbankan meningkat. Oleh karena itu, masing-masing bank
saling berusaha untuk memenangkan persaingan dalam mendapatkan keputusan
nasabah. Pihak perusahaan harus benar-benar memahami keinginan atau
kebutuhan konsumen terhadap suatu produk yang ditawarkan untuk menjaga
image dalam benak konsumen. Sebagai salah satu pihak yang menyediakan jasajasa
dalam menabung, tentunya PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang
Jember Unit Gajah Mada telah menentukan langkah-langkah tertentu untuk
menunjukkan keunggulannya sehingga dapat menarik keputusan nasabah untuk
menabung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor (yang
terdiri dari faktor lokasi, ruang tunggu, parkiraman, aman, bunga, image, hadiah,
deskman, teller, bukarek, tutuprek, ambil, parker luas, jarak, AC) yang
mempengaruhi nasabah dalam menabung pada PT. bank Rakyat Indonesia
(Persero) Cabang Jember Unit Gajah Mada.
Penelitian dilakukan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang
Jember Unit Gajah Mada. Sampel penelitian sebanyak 100 orang. Data yang
diperoleh dianalisis dengan analisis faktor untuk mengetahui pengaruh faktorfaktor
yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lokasi, ruang tunggu,
parkiraman, aman, bunga, image, hadiah, deskman, teller, bukarek dan tutuprek.
Mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah dalam
menabung. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diketahui bahwa semua
koefisien regresi bernilai positif yang berarti semua variabel bebas memiliki
hubungan yang searah dengan variabel terikat.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
faktor-faktor yang terdiri dari faktor produk (aman, bunga, image, hadiah), bukti
fisik (lokasi, ruang tunggu, parkiraman), karyawan (deskman, teller), administrasi
(bukarek dan tutuprek) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
nasabah dalam menabung. | en_US |