Show simple item record

dc.contributor.authorAtman Idin Nurjaya
dc.date.accessioned2014-01-26T11:02:44Z
dc.date.available2014-01-26T11:02:44Z
dc.date.issued2014-01-26
dc.identifier.nimNIM070210204065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24298
dc.description.abstractBerdasarkan fakta yang terlihat dilapangan aktivitas dan hasil belajar IPA di Sekolah menurun dan tidak mencapai SKM. Di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain metode yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Sehingga pemahaman terhadap IPA sulit di cerna. Dampak dari aktivitas siswa yang rendah mengakibatkan peningkatan hasil belajar siswa tidak tercapai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru di tuntut untuk menerapkan metode, teknik, strategi, dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tinadakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 pada siswa kelas IV dengan jumlah 49 siswa. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 18 mei 2010 dan 23 mei 2011. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian, observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA pokok bahasan sumber daya alam dan teknologi pada siswa kelas IV, SDN Kebonsari 04 dengan menggunakan Model Pembelajaran cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT)? dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan sumber daya alam dan teknologi pada siswa kelas IV, SDN Kebonsari 04 dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperatife Tipe Numbered Head Together (NHT)? Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatan aktivitas belajar IPA kelas IV SDN Kebonsari 04 dengan pendekatan Numbered Head Together dan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN Kebonsari 04 dengan pendekatan Numbered Head Together. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan Sumber Daya Alam dan Teknologi. Hal tersebut diperoleh dari hasil analisis aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I sampai dengan siklus II. Pada siklus 1 aktivitas siswa mencapai 16,32%, sedangkan pada siklus II mencapai 71,42%. Hasil belajar siswa pada siklus I, ketuntasan klasikalnya yaitu 55,10% dan pada siklus II terdapat 81,62%. Saran dari penelitian ini adalah dengan Penerapan Model Pembelajaran kooperatife tipe Numbered Head Together (NHT) dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204065;
dc.subjectCOOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 KABUPATEN JEMBER SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record