dc.description.abstract | RINGKASAN
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA Pokok
Bahasan Sumber Daya Alam dan Teknologi Pengolahannya Melalui Metode
Penemuan (Discovery) di SDN Mangaran 02;Ninik Suminarsari,
100210274015; 2012: 43 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
DasarFakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Jember.
Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara dengan guru kelas IV di SDN
Mangaran 02 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, pembelajaran yang dilakukan
guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Proses
pembelajaran seperti ini mengakibatkan siswa jenuh, sehingga hasil belajar siswa
rendah. Selain itu kurangnya pengawasan dan bimbingan dari orang tua. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa
kelas IV mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam dan teknologi
pengolahannya melalui metode penemuan (discovery) di SDN Mangaran 02.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata
pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam dan teknologi pengolahannya
melalui metode penemuan (discovery) di SDN Mangaran 02.
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN
Mangaran 02 Kecamatan Ajung, pada semester genap tahun pelajaran 2011-2012.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari
5 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Pelaksanaan dilakukan sebanyak dua
siklus yang dimulai tanggal 7 April 2012. Berdasarkan hasil analisis data
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II.
Persentase hasil belajar pada siklus I 50% (tuntas), kemudian meningkat 87,5%
(tuntas) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan
menggunakan metode penemuan (discovery) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam dan
teknologi pengolahannya. | en_US |