dc.description.abstract | RINGKASAN
Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Laporan
Pengamatan pada Siswa Kelas VI SDN Bintoro 01 Kecamatan Patrang
Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Tri Mulyati. 080210204313. 2011.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Menulis adalah mengemukakan atau melukiskan lambang-lambang grafik
yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga
orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka
memahami bahasa dan grafik itu. Berdasarkan observasi awal di SD Negeri
Bintoro 01 Jember, menunjukkan ada permasalahan dalam pembelajaran menulis
laporan pengamatan. Permasalahan tersebut di antaranya adalah 1) Kemampuan
siswa dalam menulis laporan pengamatan masih rendah, hal ini di karenakan
kurangnya minat siswa dalam belajar Bahasa indonesia. 2) Metode yang
digunakan guru kurang bervariasi. 3) Media yang digunakan kurang menarik
perhatian siswa. Dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and
Learning dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan
keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi menulis
laporan pengamatan, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses penerapan
pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning yang dapat
meningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan dengan pada siswa kelas
VI SDN Bintoro 01 Jember; (2) bagaimanakah aktivitas siswa kelas VI SDN
Bintoro 01 dalam di terapkannya pendekatan pembelajaran contextual teaching
and learning; (3) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas VI SDN Bintoro 01 dalam
menggunakan pendekatan pendekatan pembelajaran contextual teaching and
viii
learning. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan penerapan
pendekatan Contextual Teaching and Learning yang dapat meningkatkan
kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas VI, (2) mendeskripsikan
aktivitas belajar siswa kelas VI dengan di terapkannya Pendekatan Contextual
Teaching ang Learning, (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VI dalam
menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Bintoro 01 Jember kelas VI yang
terdiri atas 24 siswa, 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian
tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
tes, dan wawancara.
Hasil penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan
hasil belajar pada materi menulis laporan pengamatan dengan menggunakan
pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat menciptakan suasana
pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan
kemampuan siswa dalam berinteraksi. Analisis data aktivitas siswa adalah
Aktivitas siswa setelah mengikuti pembelajaran secara klasikal untuk tiap-tiap
pertemuan mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan I, aktivitas siswa
mencapai 73%, pertemuan II 72%. Siklus II pertemuan I 76%, pertemuan II 78%.
Pada Hasil Belajar siswa siklus 1 mencapai 83,33%, terdapat 4 siswa yang tidak
tuntas dari 24 siswa dan hasil tes siklus II mencapai 96% dengan 1 siswa yang
tidak tuntas dari 24 siswa.
Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah guru hendaknya
mempertimbangkan penerapan pendekatan ini dalam menulis laporan
pengamatan. Bagi sekolah, hendaknya memberikan fasilitas atau media
pembelajaran yang mendukung bagi guru dan siswa. Bagi peneliti lain, hendaknya
mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan
mengarah pada penyempurnaan. | en_US |