PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN MODAL ASING (PMA) YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TERHADAP PEROLEHAN PENDANAAN EKSTERNAL
Abstract
Perusahaan sebagai entitas bisnis yang hidup dan berkembang ditengah 
masyarakat, tidak bisa terlepas dari tanggung jawab sosial kepada masyarakat.
Filosofi pelaksanaan tanggung jawab sosial yang bersifat sukarela bertolak belakang 
dengan pelaksanaan di perusahaan disebabkan adanya unsur mandatory berupa
kebijakan pemerintah. Perusahaan-perusahaan yang terbentuk berdasarkan struktur 
modal asing atau Perusahaan Modal Asing (PMA) dengan bentuk perusahaan yang
beragam tentu memiliki motivasi tersendiri dalam pengungkapan Corporate Social
Responsibility (CSR). Perusahaan-perusahaan tersebut tidak dapat mengelak untuk 
melakukan pengungkapan aktifitas CSR sebagai wujud pelaksanaan transparansi.
Sehingga dapat memudahkan para investor dan penyedia modal lain untuk menilai
perusahaan sebagai dasar dari pengambilan keputusan di dalam penanaman
modalnya. Hal ini akan memberikan efek yang baik bagi perusahaan-perusahaan
tersebut di dalam perolehan dana eksternal dari para investor dan penyedia modal
lainnya. 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif,
dipilih sesuai dengan tujuan penelitian yang hendak menguji dan membuktikan
pengaruh penerapan serta pelaporan CSR pada suatu Perusahaan Modal Asing (PMA) 
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan berpengaruh positif ataukah
negatif terhadap perolehan pendanaan eksternal. Data yang digunakan adalah data
sekunder yang diperoleh langsung melalui www.jsx.co.id. Tahap penelitian ini dibagi 
menjadi 5 langkah penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh 
positif terhadap perolehan dana eksternal oleh perusahaan-perusahaan modal asing.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa para investor dan penyedia
modal lainnya selalu tertarik terhadap informasi sosial yang dilaporkan dalam laporan 
keuangan di dalam penilaiannya terhadap suatu perusahaan sebagai bagian dari
strategi bisnisnya.
