dc.description.abstract | Manajemen pengetahuan merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk
menciptakan, mendokumentasikan, menggolongkan, dan menyebarkan pengetahuan
dalam perusahaan. Pengelolaan manajemen pengetahuan ditujukan agar perusahaan
menjadi kreatif, inovatif, serta efisien. Inovasi yang berkaitan dengan pelayanan di
PT. BPR Nur Semesta Indah adalah adanya Unit Pengaduan Nasabah. Misalnya
pengaduan tentang pembayaran dan pengaduan tentang pelayanan yang di berikan
oleh PT. BPR Nur Semesta Indah. Hal ini dilakukan agar nasabah merasa puas
dengan kualitas pelayanan. Adanya pengaduan nasabah maka dari pihak bank
menjadikan koreksi bagi bank sendiri dan dijadikan masukan untuk meningkatkan
kualitas pelayanan yang ada.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, bagaimana peran
manajemen pengetahuan dalam meningkatkan kualitas layanan pemberian kredit pada
PT. BPR Nur Semesta Indah dengan menggunakan metode Penelitian kualitatif pada
objek PT. BPR Nur Semesta Indah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi, dan metode wawancara (Indept Interview). Metode observasi
diketahui bahwa PT. BPR Nur Semesta Indah telah melakukan peran manajemen
pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar bisa bersaing dengan BPRBPR
yang lain, dengan pelayanan yang cepat, luwes, sederhana dan mempermudah
syarat pengajuan kredit bagi nasabah. Metode wawancara diperoleh informasi dari
informan tentang peran dari manajemen pengetahuan untuk meningkatkan kualitas
pelayanan. Pelayanan untuk saat ini adalah pertama, berkaitan dengan informasi.
kedua, berkaitan dengan pembayaran. Ketiga berkaitan dengan pembinaan kredit. Hasil penelitian yang diperoleh dari PT. BPR Nur Semesta Indah dalam
melakukan peran manajemen pengetahuan dengan menggunakan teori Nanoka dan
Takeuchi bahwa manajemen pengetahuan yang merupakan penguasaan ilmu
pengetahuan, keterampilan yang dimiliki karyawan dengan menggunakan etos kerja
yang baik. Perangkat teknis yang ada di PT. BPR Nur Semesta Indah antara lain
computer, alat trasportasi yang sudah difasilitasi oleh pihak bank. Hal ini merupakan
salah satu pengembangan pengetahuan dari PT. BPR Nur Semesta Indah. | en_US |