Show simple item record

dc.contributor.authorFeri Dedi Setiawan
dc.date.accessioned2014-01-25T04:47:17Z
dc.date.available2014-01-25T04:47:17Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM060210391189
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24102
dc.description.abstractPenelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang kurang tepat khususnya pada siswa kelas X.4 di SMA Negeri Plus Sukowono. Terbukti dengan perolehan nilai ulangan harian siswa pada materi perilaku konsumen dan produsen mencapai ketuntasan 58,8 % serta aktifitas belajar yaitu 57,5 %. Nilai ulangan harian tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan kelas X yang lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan metode ekspositori dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi perilaku konsumen dan produsen di kelas X4 SMAN Plus Sukowono Kabupaten Jember tahun ajaran 2010-2011. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi (materi perilaku konsumen dan produsen pada siswa kelas X4 tahun ajaran 2010-2011 di SMA Negeri PLUS Sukowono) dengan penerapan metode ekspositori. Penelitian ini menggunakan dasar teori yang dikemukakan oleh Dimyati dan Mudjiono bahwa metode ekspositori dapat memindah pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai kepada siswa yang menuntut siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga metode ekspositori dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Menurut Herman Hudoyo (2008:181) metode ekspositori dapat meliputi gabungan dari metode ceramah, tanya jawab dan metode pemberian tugas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penentuan tempat penelitian ini menggunakan metode purposive area yaitu tempat penelitian sudah ditentukan dengan sengaja disesuaikan dengan tujuan penelitian yakni di kelas X.4 SMA Negeri Plus Sukowono. Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas X.4 sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini antara lain dengan penerapan metode ekspositori, kegiatan guru selama mengajar, aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode ekspositori dapat membantu guru dalam meningkatkan Aktivitas belajar siswa dari 67,2% menjadi 80,7%, dan aktivitas belajar siswa dapat dikatakan sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa kelas X.4 juga mengalami peningkatan yang ditandai dengan perolehan nilai test pada siklus I yaitu 88,2% meningkat menjadi 94,1%. Hal ini berarti telah melebihi target pencapaian kompetensi suatu indikator yang ditetapkan sekolah yaitu 75%. Pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori pada materi perilaku konsumen dan produsen di Kelas X.4 SMA Negeri Plus Sukowono Kabupaten Jember merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru dalam upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode ekspositori dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X4 SMA Negeri Plus Sukowono pada mata pelajaran Ekonomi materi perilaku konsumen dan produsen semester ganjil tahun 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kriteria cukup aktif pada siklus I menjadi sangat aktif pada siklus II, serta terjadi peningkatan pada hasil belajar klasikal dengan kriteria tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391189;
dc.subjectAktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Ekspositorien_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Ekspositori (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perilaku Konsumen Dan Produsen Kelas X4 Di SMA Negeri PLUS Sukowono)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record