Show simple item record

dc.contributor.authorFERRY KUSMANTO
dc.date.accessioned2014-01-25T04:44:04Z
dc.date.available2014-01-25T04:44:04Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM030210301179
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24099
dc.description.abstractKonsumen merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan bisnis, karena konsumen merupakan ujung tombak dalam tercapainya tujuan perusahaan secara optimal. Toko buku Gramedia Jember merupakan salah satu bentuk perusahaan retail dan merupakan toko buku yang notabene selalu ramai dengan pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa toko buku Gramedia menjadi alternatif konsumen untuk memenuhi kebutuhan terhadap buku. Kebutuhan merupakan fundamen yang mendasari perilaku konsumen. Konsumen akan membeli suatu produk jika produk tersebut dipandang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginannya, untuk itu perlu adanya pemahaman tentang perilaku konsumen dalam melakukan pembelian dimana pengambilan keputusan dapat dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen membeli buku di toko buku Gramedia Jember. Selain itu juga menganalisis pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap keputusan pembelian dan mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi konsumen membeli buku di toko buku Gramedia Jember. Penelitian ini dilaksanakan di toko buku Gramedia yang berada di Jl. Trunojoyo 85 Jember pada bulan Februari 2008. Jenis penelitian ini merupakan penelitian confirmatory dengan model penelitian survei. Sampel penelitian adalah konsumen yang berbelanja buku minimal dua kali di toko buku Gramedia Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 200 responden dengan pengambilan secara purposive sampling. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitianini skala yang digunakan adalah Skala Likert, dimana setiap instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas diketahui bahwa semua instumen pertanyaan dinyatakan valid (p < 0,05) dan reliabel (α ≥ 0,6). Pada hasil analisis faktor pertama ada tiga variabel yang harus dikeluarkan karena mempunyai loading factor < 0,5 yaitu variabel kebijakan, pembelajaran dan variabel sikap. Analisis faktor kembali dilakukan setelah variabel yang gugur dikeluarkan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat empat faktor yang mempengaruhi konsumen membeli buku di toko buku Gramedia Jember yaitu faktor kualitas layanan dengan eigen-value sebesar 2,123, faktor produk dengan eigen-value 1,897, faktor sosial dengan eigen-value sebesar 1,728 dan faktor psikologis dengan eigen-value sebesar 1,183. Masing-masing faktor diwakili oleh variabel-variabel. Faktor pertama, kualitas layanan diwakili variabel fisik (loading factor 0,562), interaksi personal (loading factor 0,846), pemecahan masalah (loading factor 0,774) dan lokasi (loading factor 0,609). Faktor kedua, produk diwakili variabel keandalan (loading factor 0,680), harga (loading factor 0,775) dan kualitas (loading factor 0,820). Faktor ketiga, sosial diwakili oleh variabel kelompok referensi (loading factor 0,511), keluarga (loading factor 0,753) dan kelas sosial (loading factor 0,736). Sedangkan faktor keempat yaitu psikologis diwakili oleh variabel motivasi dengan loading factor 0,867. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda, faktor-faktor bentukan baru secara simultan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keputusan pembelian konsumen yang ditunjukkan dengan nilai F sebesar 176,176 dengan signifikansi 0,000 dan R 2 viii hitung sebesar 0,783. Hal tersebut menunjukkan bahwa faktor kualitas layanan, produk, sosial dan psikologis secara simultan memberi kontribusi terhadap variabel Y (keputusan pembelian) sebesar 78,3%. Faktor kualitas layanan mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan konsumenen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210301179;
dc.subjectMEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI BUKU DI TOKO BUKU GRAMEDIAen_US
dc.titleFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI BUKU DI TOKO BUKU GRAMEDIA JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record