Show simple item record

dc.contributor.authorF if i k E n d ah Wah yu n i
dc.date.accessioned2014-01-25T04:40:43Z
dc.date.available2014-01-25T04:40:43Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM090210204113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24095
dc.description.abstractKualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama pembelajaran IPA di Sekolah Dasar terus diusahakan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan penerapan Contextual Teaching and Learning dengan metode eksperimen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember?.” Tujuan dari penelitian ini adalah “ingin mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember.” Penelitian eksperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test control group design ini dilaksanakan di kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember. Populasi dalam penelitian adalah kelas V dengan jumlah 55 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelas VA dan 28 siswa kelas VB. Responden/sampel penelitian ditentukan setelah uji homogenitas menggunakan analisis varian. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh harga t 0 = 1.461, harga t ini dilakukan tes signifikansi dengan harga t t dengan db k = 2 dan db d viii 0 = 53 pada taraf signifikansi 5% adalah 2.007, nilai t 0 < t (1.461 < 2.007). Dengan demikian Ho (hipotesis nihil) diterima, yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan sehingga populasi dinyatakan homogen. Penentuan sampeld i l a kuka n de n ga n c lu s ter r andom s ampling y a i t u t e kni k u n d i a n s e hi ngga d i pe r o l e h ke l a s VA s e b a ga i ke l a s e ks pe r im e n d a n ke l a s VB s e b a ga i ke l a s ko n t r o l . M e to de pe n gu m pu l a n da t a da l a m pe n e li t i a n i n i a da l a h o bs e r va s i , wa wa n c a r a , t e s da n do kum e n t a s i . T e kni k a n a li s i s da t a y a n g d i gu n a ka n a da l a h u ji t t e s t . D i pe r o l e h h a r ga t = 2. 667. Ha r ga t + N y 0 i ni d il a kuka n t e s s i g nif i ka n s i de n ga n ha r ga t – 2 = 53, pa da t a r a f s i g ni f i ka ns i 5% d i pe r o l e h h a r ga t ( 2. 667 > 1. 684 ) s e hi ngga hi po t e s i s ni hil ( H http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ ix 0 t t de n ga n d b = N = 1. 684 . N il a i t ) d i t o l a k da n hi po t e s i s ke r j a ( H ) d i t e r i m a . B e r da s a r ka n h a s i l t e r s e b ut da pa t di s im pu l ka n b a h wa a da pe n ga r u h y a n g s i g nif i ka n pe n ggu n a a n C onte x tual T e ac hing and L e ar ning m e l a l u i m e t o de e ks pe r i m e n d a l a m pe m be l a j a r a n I P A t e r h a d a p h a s il b e l a j a r s i s wa ke l a s V S DN ke s il i r 01 W u l u h a n J e m be r . S a r a n b a g i gur u, h e n da k ny a da pa t d i gu n a ka n s e b a ga i b a h a n m a s uka n t e n t a n g s a l a h s a t u m e t o de m e n ga j a r y a n g m e li ba t ka n s i s wa a kt i f d a l a m pr o s e s b e l a j a r m e n ga j a r . B a g i s e ko l a h , h e n da k ny a da p a t d i gu na ka n s e b a g a i b a h a n e v a l u a s i da n da pa t di j a d i k a n pe do m a n da l a m m e ni ngka t ka n m ut u pe n d i d i ka n k h us u s ny a d i S D N K e s il i r 01 W u l u h a n J e m be r . B a g i pe n e li t i l a i n, he n da k ny a h a s il pe n e li t i a n i ni da pa t d i gu n a ka n s e ba ga i b a ha n m a s uka n da n a c ua n u n t uk pe n e li t i a n l e bi h l a nj ut .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204113;
dc.subjectC ON T E X T UA L T E A C HI NG A N D L E A R NI NG M E L AL UI M E T ODE E K S P E RI M E N DA L AM P E M B E L AJA RA N I P Aen_US
dc.titleP E NGAR UH C ON T E X T UA L T E A C HI NG A N D L E A R NI NG M E L AL UI M E T ODE E K S P E RI M E N DA L AM P E M B E L AJA RA N I P A T E RHAD A P HAS I L B E L AJA R S I S WA K E L AS V S DN K E S I L I R 01 WUL UHAN JE M B E Ren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record