dc.contributor.author | F if i k E n d ah Wah yu n i | |
dc.date.accessioned | 2014-01-25T04:40:43Z | |
dc.date.available | 2014-01-25T04:40:43Z | |
dc.date.issued | 2014-01-25 | |
dc.identifier.nim | NIM090210204113 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24095 | |
dc.description.abstract | Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Upaya
untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
terus diusahakan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan penerapan Contextual
Teaching and Learning dengan metode eksperimen. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “adakah pengaruh yang signifikan penggunaan Contextual
Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA
terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember?.” Tujuan dari
penelitian ini adalah “ingin mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan
Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran
IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember.”
Penelitian eksperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test
control group design ini dilaksanakan di kelas V SDN Kesilir 01 Wuluhan Jember.
Populasi dalam penelitian adalah kelas V dengan jumlah 55 siswa yang terdiri dari 27
siswa kelas VA dan 28 siswa kelas VB. Responden/sampel penelitian ditentukan
setelah uji homogenitas menggunakan analisis varian. Hasil perhitungan uji
homogenitas diperoleh harga t
0
= 1.461, harga t
ini dilakukan tes signifikansi dengan
harga t
t
dengan db
k
= 2 dan db
d
viii
0
= 53 pada taraf signifikansi 5% adalah 2.007, nilai
t
0
< t
(1.461 < 2.007). Dengan demikian Ho (hipotesis nihil) diterima, yaitu tidak ada
perbedaan yang signifikan sehingga populasi dinyatakan homogen. Penentuan sampeld
i
l
a
kuka
n
de
n
ga
n
c
lu
s
ter
r
andom
s
ampling
y
a
i
t
u
t
e
kni
k
u
n
d
i
a
n
s
e
hi
ngga
d
i
pe
r
o
l
e
h
ke
l
a
s
VA
s
e
b
a
ga
i
ke
l
a
s
e
ks
pe
r
im
e
n
d
a
n
ke
l
a
s
VB
s
e
b
a
ga
i
ke
l
a
s
ko
n
t
r
o
l
.
M
e
to
de
pe
n
gu
m
pu
l
a
n
da
t
a
da
l
a
m
pe
n
e
li
t
i
a
n
i
n
i
a
da
l
a
h
o
bs
e
r
va
s
i
,
wa
wa
n
c
a
r
a
,
t
e
s
da
n
do
kum
e
n
t
a
s
i
.
T
e
kni
k
a
n
a
li
s
i
s
da
t
a
y
a
n
g
d
i
gu
n
a
ka
n
a
da
l
a
h
u
ji
t
t
e
s
t
.
D
i
pe
r
o
l
e
h
h
a
r
ga
t
=
2.
667.
Ha
r
ga
t
+
N
y
0
i
ni
d
il
a
kuka
n
t
e
s
s
i
g
nif
i
ka
n
s
i
de
n
ga
n
ha
r
ga
t
–
2
=
53,
pa
da
t
a
r
a
f
s
i
g
ni
f
i
ka
ns
i
5%
d
i
pe
r
o
l
e
h
h
a
r
ga
t
(
2.
667
>
1.
684
)
s
e
hi
ngga
hi
po
t
e
s
i
s
ni
hil
(
H
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
http://digilib.unej.ac.id/
ix
0
t
t
de
n
ga
n
d
b
=
N
=
1.
684
.
N
il
a
i
t
)
d
i
t
o
l
a
k
da
n
hi
po
t
e
s
i
s
ke
r
j
a
(
H
)
d
i
t
e
r
i
m
a
.
B
e
r
da
s
a
r
ka
n
h
a
s
i
l
t
e
r
s
e
b
ut
da
pa
t
di
s
im
pu
l
ka
n
b
a
h
wa
a
da
pe
n
ga
r
u
h
y
a
n
g
s
i
g
nif
i
ka
n
pe
n
ggu
n
a
a
n
C
onte
x
tual
T
e
ac
hing
and
L
e
ar
ning
m
e
l
a
l
u
i
m
e
t
o
de
e
ks
pe
r
i
m
e
n
d
a
l
a
m
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
I
P
A
t
e
r
h
a
d
a
p
h
a
s
il
b
e
l
a
j
a
r
s
i
s
wa
ke
l
a
s
V
S
DN
ke
s
il
i
r
01
W
u
l
u
h
a
n
J
e
m
be
r
.
S
a
r
a
n
b
a
g
i
gur
u,
h
e
n
da
k
ny
a
da
pa
t
d
i
gu
n
a
ka
n
s
e
b
a
ga
i
b
a
h
a
n
m
a
s
uka
n
t
e
n
t
a
n
g
s
a
l
a
h
s
a
t
u
m
e
t
o
de
m
e
n
ga
j
a
r
y
a
n
g
m
e
li
ba
t
ka
n
s
i
s
wa
a
kt
i
f
d
a
l
a
m
pr
o
s
e
s
b
e
l
a
j
a
r
m
e
n
ga
j
a
r
.
B
a
g
i
s
e
ko
l
a
h
,
h
e
n
da
k
ny
a
da
p
a
t
d
i
gu
na
ka
n
s
e
b
a
g
a
i
b
a
h
a
n
e
v
a
l
u
a
s
i
da
n
da
pa
t
di
j
a
d
i
k
a
n
pe
do
m
a
n
da
l
a
m
m
e
ni
ngka
t
ka
n
m
ut
u
pe
n
d
i
d
i
ka
n
k
h
us
u
s
ny
a
d
i
S
D
N
K
e
s
il
i
r
01
W
u
l
u
h
a
n
J
e
m
be
r
.
B
a
g
i
pe
n
e
li
t
i
l
a
i
n,
he
n
da
k
ny
a
h
a
s
il
pe
n
e
li
t
i
a
n
i
ni
da
pa
t
d
i
gu
n
a
ka
n
s
e
ba
ga
i
b
a
ha
n
m
a
s
uka
n
da
n
a
c
ua
n
u
n
t
uk
pe
n
e
li
t
i
a
n
l
e
bi
h
l
a
nj
ut
. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090210204113; | |
dc.subject | C ON T E X T UA L T E A C HI NG A N D L E A R NI NG M E L AL UI M E T ODE E K S P E RI M E N DA L AM P E M B E L AJA RA N I P A | en_US |
dc.title | P E NGAR UH C ON T E X T UA L T E A C HI NG A N D L E A R NI NG M E L AL UI M E T ODE E K S P E RI M E N DA L AM P E M B E L AJA RA N I P A T E RHAD A P HAS I L B E L AJA R S I S WA K E L AS V S DN K E S I L I R 01 WUL UHAN JE M B E R | en_US |
dc.type | Other | en_US |