Show simple item record

dc.contributor.authorFika Kusuma Budi
dc.date.accessioned2014-01-25T04:26:38Z
dc.date.available2014-01-25T04:26:38Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM060210101006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24083
dc.description.abstractBerdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap guru pengajar bidang studi matematika kelas XI IPS SMA Negeri Umbulsari, diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dikarenakan masih rendahnya nilai matematika di kelas XI IPS, rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas XI IPS, rendahnya kemampuan penalaran siswa, siswa belum mampu mengkomunikasikan ide atau pendapatnya. Metode pembelajaran yang diterapkan di SMA tersebut adalah metode ceramah. Pembelajaran kooperatif tipe TAI merupakan model pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individu, dimana setiap siswa dalam kelompok kecil (3 sampai 5 siswa) yang heterogen (mencakup siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berbedaan skor belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar. Proses penelitian diawali mengadakan uji homogenites pada siswa kelas XI IPS dengan menggunakan uji kesamaan varians didasarkan pada nilai pada nilai ulangan harian siswa pada materi statistika sebelumnya; menentukan 2 kelas yang memiliki nilai rata-rata atau hampir sama jika nilai varians signifikan (< 0,05) atau populasi bersifat homogen; jika nilai varian tidak signifikan (> 0,05) hal ini berarti populasinya bersifat heterogen, maka kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan dengan menggunakan metode undian; membentuk kelompok- kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 orang yang sifatnya heterogen; melaksanakan KBM dengan perlakuan yang berbeda, pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode TAI dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional; mengadakan post-tes setelah proses belajar mengajar; hasil post-tes pada kelas kontrol akan dijadikan sebagai nilai Placement test ke-2 untuk dijadikan sebagai pembentukan kelompok secara heterogen; menganalisis nilai post-test; menarik kesimpulan dari analisis yang telah dilakukan untuk menjawab rumusan masalah. Berdasarkan perhitungan uji homogenitas dengan One-Way Anova pada SPSS 15, diperoleh harga F dengan signifikan 0,453 yang artinya nilai signifikan tersebut lebih besar dari 0,05, sehinga dari hasil analisa pada One-Way Anova dapat disimpulkan bahwa populasi pada kelas XI IPS SMA Negeri Umbulsari tidak ada perbedaan rata-rata tiap kelas. Hal ini menunjukkan bahwa populasi homogen. Berdasarkan analisis hasil uji beda, kita dapat melihat pada mean difference, didapat dua kelas yang memiliki perbedaan mean yang paling sedikit adalah antara kelas XI IPS I dan XI IPS II. Sehingga dari hasil perbandingan didapat pasangan kelas XI IPS I dan XI IPS II sebagai responden penelitian. Dalam menentukan kelas ekperimen dan kelas kontrol, dilakukan pengundian terhadap XI IPS I dan XI IPS II. Berdasarkan hasil pengundian terpilih kelas XI IPS I sebagai kelas kontrol dan XI IPS II sebagai kelas ekperimen Pada eksperimen 1 diperoleh harga t hitung sebesar 3,534 dengan t tabel sebesar yaitu 3,534 > , maka menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor belajar yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pembelajaran konvensional pada materi ukuran pemusatan data. Besarnya perbedaan skor belajar tersebut sebesar 13,495%. Pada eksperimen 2 diperoleh harga t hitung sebesar 3,477 dengan t tabel sebesar yaitu 3,477 > , maka menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor belajar yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pembelajaran konvensional pada materi ukuran pemusatan data. Besarnya perbedaan skor belajar tersebut sebesar 13,668%en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210101006;
dc.subjectKOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATIONen_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMAN UMBULSARI SUB POKOK BAHASAN STATISTIKA TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record