dc.description.abstract | Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri Rambipuji
tergolong masih rendah dikarenakan mata pelajaran Sejarah dianggap kurang begitu
penting dalam kehidupan sehari- hari dibandingkan denga mata pelajaran IPA.
Sedangkan model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar mata pelajaran
Sejarah cenderung konvensional dan kurang variatif. Hal tersebut semakin membuat
mata pelajaran Sejarah kurang diminati oleh siswa. Keterbatasan waktu mengajar
yang dimiliki oleh guru menyebabkan guru kesulitan merancang model pembelajaran
ya ng aktif inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan akan tetapi lebih terfokus pada
ketuntasan materi sehingga pembelajaran kurang variatif dan kurang bermakna bagi
siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang mampu memperbaiki hasil
belajar siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran Genius Learning.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan model
pembelajaran Genius Learning sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Rambipuji?.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian kali ini adalah: Untuk mengetahui
bagaimanakah penerapan model pembelajaran Genius Learning, apakah dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA 1
SMA Negeri Rambipuji semester genap 2010/2011.
e
n
e
l
i
t
i
a
n
i
ni
d
i
l
a
k
s
a
n
a
ka
n
d
i
S
M
A
N
e
g
e
r
i
R
a
m
b
i
p
uj
i
N
e
g
e
r
i
R
a
m
b
i
p
u
j
i
.
P
e
n
e
l
i
t
i
a
n
i
ni
m
e
nggun
a
ka
n
m
e
t
o
de
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
t
i
nda
ka
n
ke
l
a
s
de
ng
a
n
de
s
a
i
n
H
opk
i
ns
y
a
ng
be
r
be
n
t
u
k
s
p
i
r
a
l
,
m
e
l
a
l
ui
t
i
ga
t
a
ha
pa
n
s
i
k
l
u
s
y
a
ng
m
a
s
i
ng
m
a
s
i
ng
s
i
k
l
u
s
t
e
r
d
i
r
i
da
r
i
ke
gi
a
t
a
n
pe
r
e
n
c
a
n
a
a
n
,
t
i
nda
ka
n
,
obs
e
r
v
a
s
i
d
a
n
r
e
f
l
e
k
s
i
.
S
u
b
y
e
k
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
a
da
l
a
h
s
i
s
w
a
ke
l
a
s
X
I
I
P
A
1
de
ng
a
n
j
um
l
a
h
33
s
i
s
w
a
.
U
nt
u
k
m
e
m
p
e
r
o
l
e
h
da
t
a
da
l
a
m
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
i
ni
m
e
nggun
a
ka
n
m
e
t
ode
obs
e
r
v
a
s
i
, w
a
w
a
n
c
a
r
a
, t
e
s
d
a
n
dok
um
e
n
t
a
s
i
.
H
a
s
i
l
y
a
ng
d
i
pe
r
o
l
e
h
da
l
a
m
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
i
ni
a
da
l
a
h
pe
n
e
r
a
pa
n
m
ode
l
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
G
e
n
i
us
L
e
ar
n
i
ng
da
pa
t
m
e
ni
ng
ka
t
ka
n
h
a
s
i
l
be
l
a
j
a
r
s
i
s
w
a
da
l
a
m
m
a
t
a
pe
l
a
j
a
r
a
n
s
e
j
a
r
a
h
pa
da
ke
l
a
s
X
I
I
P
A
1
S
M
A
N
e
g
e
r
i
R
a
m
b
i
p
uj
i
s
e
m
e
s
t
e
r
g
e
n
a
p
t
a
hun
a
j
a
r
a
n
2010
/
2011
.
H
a
l
i
ni
t
e
r
b
u
k
t
i
pa
d
a
s
i
k
l
us
1
r
a
t
a
r
a
t
a
h
a
s
i
l
be
l
a
j
a
r
s
i
s
w
a
m
e
ni
ng
ka
t
da
r
i
61,45
s
e
be
l
um
d
i
a
da
ka
nny
a
t
i
nda
ka
n
m
e
nj
a
d
i
64,39,
pa
da
s
i
k
l
us
2
r
a
t
a
r
a
t
a
h
a
s
i
l
be
l
a
j
a
r
s
i
s
w
a
m
e
ni
ngka
t
m
e
n
j
a
d
i
71,82,
da
n
pa
da
s
i
k
l
us
3
m
e
ni
ng
ka
t
ke
m
ba
l
i
m
e
nj
a
d
i
77,27.
S
a
r
a
n
y
a
ng
da
pa
t
pe
n
e
l
i
t
i
be
r
i
ka
n
da
r
i
h
a
s
i
l
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
y
a
ng
t
e
l
a
h
d
i
l
a
k
u
ka
n
a
da
l
a
h:
(
1)
B
a
gi
p
e
n
e
l
i
t
i
l
a
i
n,
h
a
s
i
l
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
i
ni
d
i
ha
r
a
pka
n da
pa
t
d
i
j
a
d
i
ka
n
l
a
n
da
s
a
n
un
t
u
k
p
e
n
e
l
i
t
i
a
n
s
e
l
a
nj
u
t
ny
a
da
l
a
m
h
a
l
pe
ng
e
m
ba
ng
a
n
m
ode
l
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
.
(
2)
B
a
gi
gu
r
u
s
e
j
a
r
a
h
,
m
od
e
l
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
G
e
ni
us
L
e
ar
ni
ng
da
pa
t
d
i
j
a
d
i
ka
n
a
l
t
e
r
n
a
t
i
f
m
ode
l
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
y
a
ng
a
ka
n
d
i
t
e
r
a
pka
n
da
l
a
m
pe
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
s
e
j
a
r
a
h
d
i
ke
l
a
s
gun
a
m
e
ni
ng
ka
t
ka
n
h
a
s
i
l
be
l
a
j
a
r
s
i
s
w
a
.
(
3)
B
a
gi
l
e
m
b
a
g
a
pe
n
d
i
d
i
ka
n
,
h
a
s
i
l
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
i
ni
da
pa
t
d
i
gun
a
ka
n
s
e
ba
g
a
i
ba
h
a
n
m
a
s
uka
n
y
a
ng
be
r
gun
a
ba
gi
pe
ni
ngka
t
a
n
m
ut
u
pe
n
d
i
d
i
ka
n
. | en_US |