dc.description.abstract | Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa
cukup sulit dan tidak menarik bagi banyak siswa di sekolah. Hal ini berdampak
buruk bagi prestasi / hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa dengan menggunakan teknik
jarimatika pada siswa kelas II SD Negeri Rambigundam 01 tahun pelajaran
2010/2011.Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan
kelas ini adalah peningkatan kemampuan siswa dalam berhitung perkalian,
sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
jarimatika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas II SD Negeri Rambigundam 01 Kecamatan Rambipuji tahun pelajaran
2010/2011 berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi
data dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
diskriptif interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran Matematika dengan menggunakan teknik jarimatika dapat
meningkatkan kemampuan berhitung perkalian. Kondisi awal sebelum tindakan
nilai rata-rata siswa adalah 59,25 , pada siklus I nilai rata-rata siswa 67,5 dan nilai
rata-rata yang diperoleh pada siklus II adalah 81,3. Sebelum dilaksanakan
penelitian siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak (45%). Pada siklus I siswa
yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak (50%), dan pada siklus II siswa yang
memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak (91,7%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut
menunjukkan bahwa dengan menggunakan teknik jarimatika dapat meningkatkan
hasil belajar perkalian siswa kelas II SD Negeri Rambigundam 01 Kecamatan
Rambipuji Kabupaten jember. | en_US |