dc.description.abstract | Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa kesulitan yang
dialami guru dan siswa selama proses belajar-mengajar. Kesulitan-kesulitan tersebut
yaitu siswa kurang terlibat penuh dalam proses pembelajaran, kurangnya minat siswa
terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan, dan kurangnya variasi metode yang
digunakan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan pembelajaran
Learning Games menggunakan Gambar Diam. Learning Games merupakan suatu
cara untuk mencapai indikator dalam proses pembelajaran melalui pertanyaanpertanyaan.
Hal ini dikarenakan pertanyaan dapat meningkatkan proses berpfikir
siswa, menyingkirkan “keseriusan”yang menghambat, menghilangkan stres dalam
lingkungan belajar, mengajak siswa terlibat penuh, meningkatkan proses belajar, dan
menambah variasi, semangat, dan minat pada sebagian program belajar. Rumusan
masalah dari penelitisn ini adalah bagaimanakah penerapan Learning Games
menggunakan gambar diam pada mata pelajaarn IPA kelas V pokok bahasan Pesawat
Sederhana, dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan
Learning Games menggunakan Gambar Diam mata pelajaran IPA kelas V pokok
bahasan Pesawat Sederhana. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah
mendeskripsikan penerapan Learning Games menggunakan Gambar Diam pada mata
pelajaran IPA kelas V pokok bahasan Peasawat Sederhana, dan meningkatkan hasil
belajar siswa setelah diterapkan Learning Games pada mata pelajaran IPA kelas V
pokok bahasan Pesawat Sederhana. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 01
Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010-2011. Jumlah seluruh
siswa kelas V adalah sebanyak 23 siswa, yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki
dan 12 orang siswa perempuan. Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban
siswa terhadap tes akhir siklus I dan II melalui metode tes, hasil observasi kegiatan
siswa pada aspek afektif dan psikomotorik melalui metode observasi serta hasil
wawancara terhadap guru dan siswa melalui metode wawancara. Penelitian ini
dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2011 sampai dengan 21 Mei 2011 dalam dua siklus,
meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase hasil belajar
yang dicapai siswa sebesar 69.56% pada aspek kognitif, 74,40% pada aspek afektif,
dan 72,94% pada aspek psikomotorik. Pada siklus II, persentase hasil belajar aspek
kognitif adalah sebesar 86,95%,
pada aspek afektif 83,57% dan pada aspek
psikomotorik sebesar 83,09%. Hasil belajar siswa pada siklus II lebih meningkat dari
siklus I, baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotor.
Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPA pada pokok bahasan
Pesawat Sederhana melalui pembelajaran Learning Games Menggunakan Gambar
Diam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Jember,
baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Saran dari penelitian ini
adalah guru dapat mangadopsi model Learning Games pada pokok bahasan yang
berbeda, mata pelajaran lain maupun jenjang pendidikan yang lain serta
memvariasikan dengan pembelajaran di luar kelas. Selain itu, kepala sekolah dapat
menggunakannya untuk pembinaan profesionalitas guru dalam proses pembelajaran
dan sebagai alternatif peningkatan kualitas mutu pendidikan. Sedangkan bagi peneliti
lain dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok
bahasan yang tentunya berbeda. | en_US |