Show simple item record

dc.contributor.authorZuchrotul Farida
dc.date.accessioned2014-01-25T04:09:59Z
dc.date.available2014-01-25T04:09:59Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM080210204165
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24065
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran masih berorientasi pada guru. Siswa cenderung menerima apa saja yang telah diterangkan oleh guru tanpa harus mengetahui apa manfaat dari pelajaran tersebut sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar IPS. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka rumusan masalah yang diajukan dalam Proposal penelitian ini adalah: “Bagaimana penerapan pendekatan STM dengan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V Semester Ganjil SDN Rambipuji 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011?. Penerapan Pendekatan STM dengan media gambar menghubungkan dunia nyata melalui gambar dan menuntut siswa untuk terlibat aktif karena dalam pelaksanaan pembelajarannya terdapat kegiatan berdiskusi dengan mengemukakan pikirannya, saling bertukar pendapat dan saling bekerjasama untuk membangun pengetahuan tentang suatu masalah. Harapan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui deskripsi penerapan pendekatan STM dengan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia, (2) mengetahui aktifitas siswa selama pembelajaran menggunakan Pendekatan STM pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia, dan (3) mengetahui persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan STM pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia. Penelitian dilaksanakan di SDN Rambipuji 01 Jember pada siswa kelas V yang terdiri 39 orang siswa, 22 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas, sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 06 Nopember 2010 sampai dengan 27 Nopember 2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan skor tes individu. Hasil Penilaian pada siklus I pertemuan pertama, aktivitas siswa mencapai 79%, aktivitas guru 90%. Pertemuan kedua, aktivitas siswa mencapai 87%, aktivitas guru 97%. Siklus II pertemuan pertama, aktivitas siswa mencapai 90%, aktivitas guru 100%. Pertemuan kedua, aktivitas siswa mencapai 92%, aktivitas guru 100%. Analisis hasil evaluasi siklus I mencapai 76,92%, dan evaluasi siklus II mencapai 94,87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). penerapan pendekatan STM dengan media gambar pada pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa; 2). pembelajaran menggunakan pendekatan STM dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Hal ini dapat ditunjukkan pada analisis aktivitas siswa dari awal pembelajaran hingga berakhirnya pembelajaran. Hasil Penilaian pada siklus I pertemuan pertama: aktivitas siswa mencapai 79%, pertemuan kedua: aktivitas siswa mencapai 87%. Siklus II pertemuan pertama: aktivitas siswa mencapai 90%, pertemuan kedua: aktivitas siswa mencapai 92%; 3). ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 76,92% dan pada siklus II mencapai 94,87%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204165;
dc.subjectSAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Pada Siswa Kelas V Semester Ganjil SDN Rambipuji 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record