Show simple item record

dc.contributor.authorZetti Finali
dc.date.accessioned2014-01-25T03:12:28Z
dc.date.available2014-01-25T03:12:28Z
dc.date.issued2014-01-25
dc.identifier.nimNIM080210204125
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23993
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa pelajaran IPS merupakan pelajaran yang selalu berkembang dan mencakup materi yang cukup luas. Karena sebagian besar materi IPS merupakan konnsep-konsep yang abstrak dan oleh sebab itu memerlukan media untuk mengkongkritkannya. Siswa kelas Vb merupakan kelas dengan kemampuan siswa yang beragam dan berantusias dalam pembelajaran IPS. Materi yang cukup luas tersebut seharusnya disampaikan dengan menarik, baik dalam bentuk sumber belajar maupun media pembelajaran. Pada penelitian ini dimanfaatkan sebuah sumber belajar lingkungan masyarakat berbasis multimedia. Lingkungan sekitar dan kehidupan sehari-hari yang siswa kenal dibentuk dalam sebuah video pembelajaran. Pembelajaran di kelas dengan pemanfaatan sumber belajar lingkungan masyarakat ini dapat diaplikasikan dalam penugasan individu dan kelompok. Hal tersebut memicu siswa untuk belajar dan meningkatkan hasil belajar yang dicapai. Tujuan penelitian ini adalah :(1) mengkaji penerapan pembelajaran IPS materi Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Berbasis Multimedia, (2) mengkaji adanya pengaruh aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, (3) mengkaji persentase ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran berbasis multimedia ini. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Kebondalem Banyuwangi kelas Vb yang terdiri 24 siswa, 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi enam kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Yaitu penelitian yang memuat empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 01 Desemberr 2010 sampai dengan 10 Desember 2010. Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Siklus I pertemuan I, aktivitas siswa mencapai 67,12%, aktivitas guru 85,7%. Pertemuan II, aktivitas siswa mencapai 61,25%, aktivitas guru 86,6%. Siklus II, aktivitas siswa mencapai 72,3%, aktivitas guru 93,3%. Analisis aktivitas yang dapat dibandingkan adalah pada siklus I (2) dan siklus II, karena pada kedua tahapan tersebut mengobservasi indikator yang sama. Penurunan aktivitas sebanyak 6,5 % terjadi pada indikator mmneyaksikan video pembelajaran, menurut data yang dihasilkan penurunan tersebut terjadi karena siswa merasa jenuh dengan multimedia yang ditayangkan berulang-ulang. Akan tetapi secara keseluruhan rata-rata aktivitas siklus II lebih baik dari pada siklus I. Analisis hasil tes siklus I terdapat 62, 5 % siswa yang tuntas belajar dan siklus II terdapat 87,5 % siswa yang tuntas belajar. Dari kedua persentase tersebut dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan sebanyak 25 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia ini membuat siswa lebih memahami materi pelajaran. Karena dalam multimedia tersebut tersaji gambar lengkap dan keterangan mengenai materi yang diajarkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204125;
dc.subjectMATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MELALUI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN MASYARAKAT BERBASIS MULTIMEDIAen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MELALUI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN MASYARAKAT BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS VB SDN 1 KEBONDALEM KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record