• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    N A LI SI S TIND A K TU TU R D A LA M WA C A N A I KLA N M I N U M A N D I TEL EV I SI

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhubA (284)x_1.pdf (581.9Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    F i tri a n i Su bek ti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Iklan televisi merupakan pesan sponsor yang disampaikan kepada khalayak melalui siaran televisi. Salah satu produk yang diiklankan dalam televisi adalah minuman. Iklan di televisi menarik dikaji menggunakan pendekatan pragmatik, terutama dianalisis berdasarkan jenis tindak tutur, meliputi jenis wacana yang digunakan untuk merealisasikan tindak tutur, dan tanggapan konsumen terhadap wacana iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, karena berusaha menggambarkan dan mengungkapkan fakta-fakta yang ada dalam iklan minuman yang terdapat pada media televisi, penelitian ini menganalisis 15 iklan minuman siap saji yang ditayangkan pada media televisi dari berbagai merek atau versi pada tahun 2012. Data utama penelitian ini berupa data lisan, kemudian ditranskripsi dalam bentuk data tertulis. Dari analisis data yang dilakukan, ada dua jenis tindak tutur yang terdapat pada wacana iklan minuman di televisi, yaitu tindak lokusi dan ilokusi. Tindak lokusi berisi tentang informasi kepada masyarakat tentang produk yang diiklankan, sedangkan tindak ilokusi berisi tentang menyatakan atau menjelaskan, meminta, mengajak, memerintahkan, menasihati, menjanjikan, menawarkan, memuji, dan menentukan sesuatu kepada masyarakat agar masyarakat mengikutinya keinginan pengiklan. Selain itu, diperoleh kesimpulan bahwa iklan minuman di televisi lebih ba n y a k men gg un a ka n w a c a n a pe rsu a si, y a it u m e nga jak p a ra konsum e n a tau c a lon konsum e n de n g a n memb e rika n mot if subj e kti f ( a lasa n e mosi ona l) d a n mot if objektif (a lasa n r a sional) a ga r m e re ka m e n g uba h pe ra sa a n, sikap, da n c it ra te rha da p pr oduk ter se but sehin gg a mau m e mbeli dan me mi numn y a . Ha sil y a n g dip e role h da ri wa w a nc a ra a nta ra p e ne li ti de nga n p a ra infor man a da lah pa ra infor m a n lebih ba n y a k men y uk a i ikl a n mi numan y a n g di sa mpaika n da lam be ntuk wa c a na de skripsi pe rsua si. I nf o r man lebih men y uk a i je nis wa c a na ter se but ka re na tuj ua n k omuni ka si y a n g disampa ikan oleh p e nutur lebih menge na k e infor man se hin gg a me re ka ter tar ik untuk memb e li da n meminum mi numan y a n g dii klanka n . Da lam jan gka pa njan g , muncul lo y a li tas da ri mi tra tut ur untuk se ti a de nga n p ro duk da ri pe r usaha a n ter se but. Mi sa ln y a , ter h a da p ikl a n Ade s , infor man sa nga t ter ta rik de n ga n i klan ter se but. I nf or man lebih memil ih Ade s ka r e na a d a n y a pe nga ruh ikl a n Ade s y a ng membua t infor man t e rsa da rka n ba hw a membua ng botol tanpa mer e mukn y a it u ti da k membe rika n pe rub a ha n ba g i li ng kun g a n. I nf or man jug a mena na mkan g a y a hidu p ba ru s e tela h melihat i klan Ade s ini , y a it u mer e muk botol mi numann y a s e be lum dibuang . S e ba li kn y a , ter h a da p ikl a n mi numan Hy dro C oc o . Menu rut infor man, p e n y a ji a n ikl a n ini kura n g men ar ik ka re na dura si pa da ikl a n Hy dro C oc o s a n g a t sin g ka t wa laupun ikl a n mi numan ter se but m e n g inf or masika n ke masa n da n na ma b a r un y a . Ol e h ka re n a pe n y a ji a n y a n g kura n g me na rik, maka infor man kura n g te rta rik untuk mempe rha ti ka nn y a . Da ri temua n ter se but dis a ra nka n ke p a da p e n g ikl a n a g a r da lam membu a t ikl a n lebih e kspre sif, unik, meng hibur kha la y a k sa sa r a nn y a . H a ra p a nn y a a da l a h konsum e n da pa t lebih ter t a rik, da n ke mudi a n membe li a tau men g konsum si pr oduk y a n g dit a wa rka n.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23871
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2307]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository