dc.description.abstract | Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan
Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Pelajaran IPS Pokok
Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Siswa Kelas V MI ANNIDHOM
Sumbersari Jember Tahun 2010; Abd. Rohman; 070210204340; 2010:
48 Halaman; Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu
Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Kualitas aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa di MI AN-NIDHOM
Sumbersari Jember pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih rendah, ini
disebabkan oleh kurang tepatnya metode atau model pembelajaran yang digunakan
oleh guru. Maka salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil
belajar siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe group
investigation. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran dengan model
kooperatif tipe group investigation, meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil
belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan republik
Indonesia.
Penelitian ini dilaksanakan di MI AN-NIDHOM Sumbersari Jember mulai
hari Selasa tanggal 11 Mei 2010 sampai 25 Mei 2010 dengan subjek penelitian adalah
siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan siswa
pada pra tindakan, hasil siklus I dan siklus II, aktivitas siswa selama proses
pembelajaran dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran dengan
model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pokok bahasan
proklamasi kemerdekaan republik Indonesia di kelas V MI AN-NIDHOM
menunjukkan hasil yang baik, karena sesuai dengan teori atau langkah – langkah yang telah ditentukan/diharapkan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya
ketuntasan hasil belajar siswa. Selain itu siswa merasa senang dengan pembelajaran
yang diterapkan; 2) pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan pada analisis
aktivitas siswa (bertanya, kerjasama kelompok, diskusi kelompok) dari siklus I
sebesar 68% (lampiran L) dan siklus II sebesar 70% (lampiran O) secara klasikal; 3)
dari pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia
diperoleh meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal
mencapai 95% (lampiran R). | en_US |