Show simple item record

dc.contributor.authorABD. ROHMAN
dc.date.accessioned2014-01-24T12:47:23Z
dc.date.available2014-01-24T12:47:23Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210204340
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23697
dc.description.abstractPeningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Siswa Kelas V MI ANNIDHOM Sumbersari Jember Tahun 2010; Abd. Rohman; 070210204340; 2010: 48 Halaman; Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Kualitas aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa di MI AN-NIDHOM Sumbersari Jember pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih rendah, ini disebabkan oleh kurang tepatnya metode atau model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Maka salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe group investigation, meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi kemerdekaan republik Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di MI AN-NIDHOM Sumbersari Jember mulai hari Selasa tanggal 11 Mei 2010 sampai 25 Mei 2010 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan siswa pada pra tindakan, hasil siklus I dan siklus II, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pokok bahasan proklamasi kemerdekaan republik Indonesia di kelas V MI AN-NIDHOM menunjukkan hasil yang baik, karena sesuai dengan teori atau langkah – langkah yang telah ditentukan/diharapkan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa. Selain itu siswa merasa senang dengan pembelajaran yang diterapkan; 2) pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan pada analisis aktivitas siswa (bertanya, kerjasama kelompok, diskusi kelompok) dari siklus I sebesar 68% (lampiran L) dan siklus II sebesar 70% (lampiran O) secara klasikal; 3) dari pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia diperoleh meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 95% (lampiran R).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204340;
dc.subjectKooperatif Tipe Group Investigationen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA SISWA KELAS V MI AN-NIDHOM SUMBERSARI JEMBER TAHUN 2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record