Show simple item record

dc.contributor.authorABD. ROHIM
dc.date.accessioned2014-01-24T12:45:18Z
dc.date.available2014-01-24T12:45:18Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210274007
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23696
dc.description.abstractPembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat dasar bertujuan sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang berpusat pada guru, dan bersifat verbal, sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) meningkatkan pemahaman tata surya pada pembelajaran IPA melalui penerapan metode bermain peran dengan media apron, pada siswa kelas VI Jatisari 02 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, (2) mengetahui aktifitas siswa dalam pembelajaran IPA materi tata surya melalui penerapan metode bermain peran dengan media apron pada siswa kelas VI SDN Jatisari 02.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jatisari 02 Kelas VI yang terdiri dari 15 siswa, 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 20 Pebruari 2010 sampai 10 Juni 2010, dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN Jatisari 02 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran tata surya dengan menggunakan metode bermain peran dengan media apron adalah: pada siklus I prosentase hasil belajar siswa dengan kriteria tuntas sebesar 60%; siklus II sebesar 80%. Dari hasil tersebut ada peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 20%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi tata surya melalui penerapan metode bermain peran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274007;
dc.subjectHasil Belajar, Bermian peran, media apron.en_US
dc.titlePENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA APRON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SDN JATISARI 02 KEDUNGJAJANG – LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record