dc.description.abstract | Latar belakang dilakukannnya penelitian ini adalah karena rendahnya minat
dan hasil belajar siswa, dimana siswa tidak memperhatikan pelajaran dan kurang aktif
dalam Pembelajaran, siswa cenderung mengalami kesulitan memahami materi yang
diajarkan serta perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran masih kurang terfokus.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan
Minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan pasar melalui metode
role playing pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Tahun Pelajaran 2010-2011dan
Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pokok
bahasan pasar melalui metode role playing pada siswa kelas IV SDN Mangli 01
Tahun Pelajaran 2010-2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
minat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mangli 01 Jember Tahun Pelajaran 20102011.
Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah pertama jika diterapkan
pembelajaran role Playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan pasar pada siswa
kelas IV SDN Mangli 01 Jember, maka minat belajar siswa akan meningkat, kedua
jika diterapkan pembelajaran role Playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan
pasar pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Jember, maka hasil belajar siswa akan
meningkat. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes serta prosedur penelitian mencakup perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kela | en_US |