Show simple item record

dc.contributor.authorEka Sulvijayanti
dc.date.accessioned2014-01-24T06:38:03Z
dc.date.available2014-01-24T06:38:03Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210391033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23546
dc.description.abstractIndonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang banyak. Tidak menuntut kemungkinkan akan semakin banyak pula permasalahan yang ditimbulkannya, salah satu permasalahan tersebut adalah menyempitnya lapangan pekerjaan, yang mengakibatkan jumlah pengangguran semakin banyak. Hal tersebut sebenarnya dapat diperkecil dengan cara berwirausaha dan menjadi pengusaha merupakan alternatif pilihan yang tepat untuk mengatasi pengangguran. Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usahanya. Oleh karena itu, peran SMK sangat penting dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman. Para lulusan SMK nantinya selain mencari pekerjaan, mereka juga diharapkan dapat membuka usaha sendiri. Dengan demikian, SMK juga diharapkan mampu mengarahkan para siswanya untuk berwirausaha sesuai dengan minat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh prestasi belajar kewirausahaan dan praktek kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 2 Lumajang. Responden penelitian adalah siswa kelas XII SMK Negeri 2 Lumajang dengan sampel berjumlah 79 responden yang penentuannya menggunakan metode slovin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer diperoleh secara langsung melalui k uesioner dengan skala likert. Sedangkan data skunder yang berupa rekap nilai kewirausahaan dan nilai praktek kerja industri diperoleh dari guru pengajar matapelajaran kewirausahaan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi variabel prestasi belajar kewirausahaan (X1) menunjukkan besarnya t hitung = 4,175 > F = 1,6644 dan tingkat sig. t = 0,000 < α = 0,05. Hasil ini berarti bahwa secara parsial variabel prestasi belajar kewirau sahaan (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (Y). Sedangkan hasil uji regresi variabel praktek kerja industri (X2) menunjukkan besarnya t tabel = 4,770 > F = 1,6644 dan tingkat sig. t = 0,000 < α = 0,05. Hasil ini berarti bahwa secar a parsial variabel praktek kerja industri (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (Y). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua variabel, yaitu variabel prestasi belajar kewirausahaan dan variabel praktek kerja industri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X II SMK Negeri 2 Lumajang. tabel Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar kewirausahaan dan praktek kerja industri berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Adapun pengaruhnya dapat dilihat secara simultan dan parsial. hitung. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua variabel, yaitu variabel prestasi belajar kewirausahaan dan variabel praktek kerja industri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X II SMK Negeri 2 Lumajang. tabel Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar kewirausahaan dan praktek kerja industri berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Adapun pengaruhnya dapat dilihat secara simultan dan parsial.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391033;
dc.subjectKewirausahaan, praktek kerja industrien_US
dc.titlePENGARUH PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DAN KTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 LUMAJANG TAHUN 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record