Show simple item record

dc.contributor.authorAndika
dc.date.accessioned2014-01-24T06:20:03Z
dc.date.available2014-01-24T06:20:03Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23515
dc.description.abstractRendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso pada mata pelajaran IPS disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih monoton, guru selalu menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dalam mengajarkan materi pelajaran. Hasil ulangan harian yang didapatkan siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso dalam pelajaran IPS Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1 vi i m e ni n g ka t ka n a k t i vi t a s be l a j a r si sw a ke l a s I V m e l a l ui m e t ode probl e m sol v i ng da l a m pe m b e l a j a r a n I P S pok o k ba ha s a n m a s a l a h sosi a l di l i ng k un g a n se t e m pa t di S D N B i na k a l B ondow oso ; d a n 2 ) P e n g a m bi l a n d a t a d a l a m pe n e l i t i a n i ni , di l a ksa na k a n di S D N B i na k a l B ondow so , di m ul a i pa d a t a n g g a l 2 1 Ja nu a r i 201 3 s a m p a i t a n gg a l 4 Me i 201 3 . S ub y e k pe ne l i t i a n a da l a h si sw a k e l a s I V de n g a n j u m l a h si sw a 23 a n a k , t e r di r i da r i 1 1 l a k i l a k i d a n 1 2 pe r e m pu a n. Je ni s pe n e l i t i a n i ni a da l a h m e n gg una ka n pe nde ka t a n k ua l i t a t i f d e n g a n P e n e l i t i a n Ti nda k a n K e l a s P e ne l i t i a n i ni di l a k u k a n se l a m a dua si k l us de n g a n m a si n g m a si n g si k l us t e r di r i da r i dua k a l i pe r t e m ua n. P e r t e m ua n pe r t a m a m e r up a k a n t i nda k a n p e m be l a j a r a n m e n gg un a k a n m e t ode pr obl e m sol v i ng , da n p e r t e m ua n ke dua m e r upa ka n pe m b e r i a n pos t e st unt uk m e n g e t a hu i ha si l be l a j a r si sw a . S i k l us ke dua m e r upa ka n p e r ba i ka n da r i si k l us pe r t a m a . A n a l i si s da t a pa da a k hi r si k l us di k e t a hui a k t i vi t a s be l a j a r m e n g a l a m i pe ni n g ka t a n da r i pr a si k l us se be sa r 4 2, 1 7% m e nj a di 74 ,3 4 % pa d a si k l us I . pe ni n g ka t a n da r i pr a si l us k e si k l us I se b e sa r 32,17 % . S e d a n g ka n pa d a si k l us I I t e r j a di pe ni n g ka t a n se be sa r 11,52 % da r i si k l us I se be sa r 7 4,34 % m e nj a di si k l us I I se be sa r 85, 86 % . U nt u k ke t unt a sa n ha si l be l a j a r si sw a pa da pr a si k l us se be sa r 60,8% m e nj a di 73,91% p a da si k l u s I I . H a si l be l a j a r si s w a m e ni n g ka t se be s a r 1 3,11% da r i pr a si k l us ke si k l us I . se da n g ka n P a da si k l us I I h a si l be l a j a r si sw a m e n g a l a m i pe ni n g ka t a n se be sa r 12,94% da r i si k l us I se be sa r 73,91% m e nj a di si k l us I I se b e sa r 86,85% . G ur u di sa r a n k a n m e n gguna ka n m e t od e probl e m sol v i ng unt uk m e ni n g ka t k a n a k t i vi t a s d a n ha si l b e l a j a r si sw a . H a l i ni t e r bu k t i de n g a n m e ni n g ka t n y a a kt i vi t a s da n ha si l be l a j a r si sw a k e l a s I V da l a m pe m b e l a j a r a n I P S po k o k b a ha s a n m a sa l a h sosi a l di l i n g k un g a n se t e m p a t di S D N B i na ka l B ondow oso pa d a si k l us I da n si k l us I I .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204 1;
dc.subjectPR O B LE M S O L V IN Gen_US
dc.titlePENERAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DI SDN BINAKAL BONDOWOSOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record