Show simple item record

dc.contributor.authorANDIKA SETYO BUDI LESTARI
dc.date.accessioned2014-01-24T06:16:50Z
dc.date.available2014-01-24T06:16:50Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM040210101339
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23508
dc.description.abstractQuantum Teaching merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan rasa senang pada siswa pada saat KBM berlangsung. Pada pembelajaran menjebatani kehidupan guru dan kehidupan siswa. Pembelajaran ini mampu memberikan minat, rasa senang dan motivasi yang tinggi dalam mempelajari konsep suatu materi , kerangka rancangan belajar yang diterapkan disingkat dengan akronim TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan). Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SMP N 6 Jember khususnya kelas VIII A selama ini cenderung masih menggunakan cara lama, guru pengajar matematika tidak sesuai bidang (lulusan PPKN) . Karena guru mempunyai peran yang dominan, sebagai sang pemelihara ilmu, mempunyai tugas untuk menyampaikan seluruh materi kepada siswa. Selama ini metode yang sering digunakan adalah metode ceramah. Siswa hanya duduk tenang di bangku, mendengarkan serta menyerap dan menyimpan informasi, kemudian mencatat dan mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. Aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar tidak nampak dan siswa cenderung pasif. Hal seperti ini menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan dan menjadikan siswa malas belajar serta kegiatan pembelajaran tidak menarik untuk diikuti. Penilaian yang dilakukan di kelas VIII A SMP N 6 Jember selama ini adalah hanya berdasrkan hasil tes saja, tanpa memperhatikan aspek-aspek lain. Upaya lain yang dilakukan dalam upaya penyempurnaan dan perbaikan pembelajaran perlu diiringi sisrem penilaian (Assesment). Adapun bentuk penilaian yang cocok dan direkomendasikan untuk menilai kompetensi yang ingin dicapai ialah penilaian otentik (AuthenticAssesment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui aktivitas siswa, temuan apa saja dan presentase ketuntasan belajar siswa selama kegiatan pembelajaran Quantum dengan Authentic Assesment sub pokok bahasan kerucut pada siswa kelas VIII A SMP 6 N Jember 2007/2008. Pengambilan data dilaksanakan dimulai tanggal 3 – 10 Juni 2008 dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP N6 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian proyek atau lembar kerja siswa (LKS) dengan rata-rata skor yang dicapai untuk pertemuan pertama sebesar 84,8; pertemuan kedua sebesar 99,4, dan pertemuan ketiga dengan skor rata-rata 94,0. Penilaian portofolio terdiri dari tes, PR; penilaian observasi siswa diantaranya aktivitas kelompok, aktivitas siswa dan penilaian sendiri oleh siswa. Pada pertemuan pertama untuk skor rata-rata PR I sebesar 89,9, rata-rata aktivitas siswa sebesar 84, aktivitas kelompok sebesar 77, penilaian diri rata-rata sebesar 76. Pada pertemuan kedua untuk skor rata-rata PR II sebesar 89,6, skor ratarata aktivitas siswa sebesar 90, aktivitas kelompok sebesar 86, skor penilaian diri ratarata sebesar 83. Pada pertemuan ketiga untuk skor rata-rata tes akhir sebesar 81,5, tugas individu sebesar 68, skor rata-rata aktivitas siswa sebesar 91, aktivitas kelompok sebesar 86, skor penilaian diri rata-rata sebesar 84. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan persentase hasil belajar siswa mencapai 79,06% sehingga secra klasikal kelas VIII A mencapai ketuntasan belajar.Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahawa Quantum Teaching dengan Authentic Assesment dapat ditunjukkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika, karena berdampak positif bagi keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101339;
dc.subjectQUANTUM TEACHING DENGAN AUTHENTIC ASSESMENTen_US
dc.titlePENERAPAN QUANTUM TEACHING DENGAN AUTHENTIC ASSESMENT SUB POKOK BAHASAN KERUCUT PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER GENAP SMP N 6 JEMBER TAHUN AJARAN 2007/2008en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record