Show simple item record

dc.contributor.authorLILY YUNITA KUSUMANINGRUM
dc.date.accessioned2014-01-24T06:11:12Z
dc.date.available2014-01-24T06:11:12Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210204309
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23496
dc.description.abstractSalah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV pada mata pelajaran IPA adalah rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Aktivitas siswa yang terlihat dalam proses pembelajaran hanya mendengar dan mencatat penjelasan dari guru, sehingga memberi kesan bahwa siswa hanya memperoleh pengetahuan dari guru saja tanpa berusaha mencari dan menemukan pengetahuannya sendiri. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Cooperative Learning Model STAD ini dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model STAD adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan permasalahan dalam kehidupan mereka sehari – hari. Dalam pembelajaran Cooperative Learning Model STAD ini guru perlu mengaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sehari – hari siswa, hal tersebut dilakukan guru dengan cara meminta siswa untuk mengungkapkan pengalaman yang pernah dialami atau hal – hal yang mereka ketahui dalam lingkungan sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang disampaikan Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tegalsari 04 Ambulu, Jember. Penentuan subjek penelitian menggunakan populasi, yaitu di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas IV dan guru xx Kelas, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas. Desain penelitian ini adalah model dari Hopkins dengan menggunakan 4 fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas belajar siswa. Kreaktifitas belajar siswa sebelum tindakan menunjukkan criteria keaktifan masih di bawah 65%. Setelah dilakukan tindakan dari Siklus I sampai siklus II kriteria keaktifan siswa menunjukkan peningkatan sebesar 75,48%. Dilihat dari aktivitas siswa dalam bertanya, mengerjakan tugas dan mengajukan pendapat selama proses pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Tegalsari 04 Ambulu Jember Semester II tahun Ajaran 2009/2010en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204309;
dc.subjectPembelajaran Cooperative Learning Model STADen_US
dc.titlePEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS IV SDN TEGALSARI 04 JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record