dc.description.abstract | Era globalisasi membuat persaingan bisnis menjadi sangat keras yang berpengaruh bagi pemasaran dan menumbuhkan tantangan-tantangan baru dalam profesi pemasaran. Situasi perekonomian dunia akan berpengaruh terhadap kinerja perekonomian/perusahaan dalam suatu bangsa. Termasuk kinerja perbankan sangat erat kaitannya dengan perkembangan perekonomian. sampai krisis 2008 yang meluas ke hampir seluruh belahan dunia, PT. BRI (Persero) Tbk dapat mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan bisnisnya, hal ini tidak lepas dari strategi yang dimiliki dan diimplementasikan.
Strategi pemasaran yang dilakukan PT. BRI (Persero) Tbk menggunakan strategi pemasaran yang telah dikembangkan menjadi product, price, promotion, place, people, physical evidence, process, dan customer service yang disebut dengan bauran pemasaran. Strategi pemasaran tersebut juga diimplementasikan oleh PT. BRI (Persero) Tbk Cabang Jember yang disesuaikan dengan sosio-kultur daerah Jember yang kemudian juga diimplementasikan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jember Unit Kampus kecamatan Sumbersari kabupaten Jember untuk mempengaruhi reaksi konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap pengambilan keputusan pemanfaatan Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) dan untuk mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pemanfaatan Kupedes pada PT. BRI (Persero) Tbk Cabang Jember Unit Kampus kecamatan Sumbersari kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian yaitu nasabah Kupedes perusahaan tersebut yang diambil secara purposive sampling. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran baik secara simultan ataupun parsial dan untuk mengetahui variabel paling dominan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pemanfaatan Kupedes. Hasil analisis statistik dari uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa semua variabel bauran pemasaran mempunyai korelasi positif dengan pengambilan keputusan pemanfaatan. Dan juga diketahui nilai F test yang menyatakan pengaruh secara simultan sebesar 95,1%, sehingga pengaruh bauran pemasaran terhadap pengambilan keputusan pemanfaatan dalam penelitian ini mempunyai pengaruh yang kuat.
Koefisien determinasi (KD) = R square (R2) sebesar 90,4 yang artinya hasil pemanfaatan Kupedes sebesar 90,4% dipengaruhi/dijelaskan oleh bauran pemasaran yang diimplementasikan, sisanya sebesar 9,6% dijelaskan/dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Dan dari uji regresi linier berganda diperoleh nilai t-test yang menyatakan pengaruh signifikan secara parsial yaitu variabel produk, harga, promosi, tempat, orang, dan layanan nasabah mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pemanfaatan Kupedes, sedangkan untuk variabel fasilitas fisik dan proses tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pemanfaatan Kupedes. Dan pengaruh bauran pemasaran secara parsial terhadap pengambilan keputusan pemanfaatan Kupedes paling dominan adalah variabel layanan nasabah (X8). | en_US |