Show simple item record

dc.contributor.authorAndro Yuliang Leosy
dc.date.accessioned2014-01-24T05:47:30Z
dc.date.available2014-01-24T05:47:30Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210391044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23440
dc.description.abstractKeterampilan dan hasil belajar siswa kelas X AK 1 SMK 1 Bustanul Ulum Wuluhan Kabupaten Jember dalam pembelajaran akuntansi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas X AK 2. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang digunakan oleh peneliti sebagai guru pengampu akuntansi masih menggunakan media konvensional seperti papan tulis, bagan dalam bentuk tabel-tabel yang disampaikan dengan metode ceramah bervariasi. Untuk itu penggunaan media berbasis komputer sangatlah diperlukan. Penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program Krishand General Ledger diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan secara manual sehingga keterampilan dan hasil belajar siswa kelas X AK 1 SMK 1 Bustanul Ulum dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program Krishand General Ledger dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa . 2) Meningkatkan keterampilan siswa dengan menggunakan media aplikasi komputer akuntansi program Krishand General Ledger. 3) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media aplikasi komputer akuntansi program Krishand General Ledger. vii Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program Krishand General Ledger dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa kelas kelas X AK 1 SMK 1 Bustanul Ulum Kabupaten Jember pada mata pelajaran akuntansi. Pada siklus I diketahui skor rata-rata keterampilan belajar sebesar 2,2 (kategori sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 2,7 (kategori tinggi). Hasil tugas siswa yang diperoleh dari pekerjaan siswa menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata tugas siswa sebesar 68,7 (kategori cukup). Nilai rata-rata tugas siswa pada siklus II sebesar 80,3 (kategori baik) . Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,3 (tuntas secara individual) dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,8 (tuntas secara individual dan klasikal). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program Krishand General Ledger dapat me ningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada kepala sekolah SMK 1 Bustanul Ulum agar media aplikasi komputer akuntansi program Krishand General Ledger terus digunakan sebagai inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0802103910 44;
dc.subjectKeterampilan Siswaen_US
dc.titleENGGUNAAN MEDIA APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI PROGRAM KRISHAND GENERAL LEDGER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record